Komjen Pol (Purn) Oegroseno Berikan Motivasi Kepada Personil Polres Basel

Pesatnya perkembangan informasi melalui medsos akan memberikan dampak positif maupun negatif terhadap informasi yang akan diterima oleh masyarakat

Komjen Pol (Purn) Oegroseno Berikan Motivasi Kepada Personil Polres Basel
Ist/Humas Polres Basel
Komjen Pol (Purn) Drs. Oegroseno, SH, berfoto bersama peserta pelatihan Cyber Troops Polres Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM-- Pesatnya perkembangan informasi melalui media sosial akan memberikan dampak positif maupun negatif terhadap informasi yang akan diterima oleh masyarakat luas, hal ini pun menjadi salah satu sorotan terpenting dalam masyarakat. Perlunya penyaringan informasi yang diterima mutlak untuk di laksanakan, mulai dari pencegahan hingga tindakan hukum yang tegas.

Dalam Sambutan serta penyampaian meteri kepada Personil Polres Basel yang mengikuti Pelatihan Cyber Troops Polres Bangka Selatan Kemarin, Mantan Wakil Kepala Kepolisan Republik Indonesia (WakaPolri) periode 2 Agustus 2013 – 4 Maret 2014, Komjen Pol (Purn) Drs Oegroseno, SH yang kini menjabat sebagai Penasihat Senior ICITAP Indonesia memberikan materi tentang Peranan Polri dalam Dunia Cyber.

Dirinya mengatakan, bahwa setiap personil Polri harus mampu serta menguasai dan memonitoring setiap perkembangan serta penyebaran informasi yang berada di tengah-tengah masyarakat melalui beberapa media, seperti media online, streaming maupun media sosial.

Pencegahan harus terus dan gencar dilaksanakan, patroli dunia maya/patroli cyber, hingga melakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku penyebaran berita bohong atau hoax secara profesional sesuai undang-undang yang berlaku.

"Hadirnya berbagai aplikasi media sosial di zaman modern ini seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya, telah menjadikan keleluasaan dan kemudahan dalam berkomunikasi. Sebagian masyarakat ada yang bijak mengelola media sosial, namun sebagian besar juga ada yang masih belum mampu, maka dari itu tindakan seperti sosialisasi itu sangat perlu dilakukan," jelas Komjen Pol (Purn) Drs Oegroseno SH.

Selain itu, patroli di dunia maya juga terus intens dilaksanakan apalagi dalam waktu yang tidak lama lagi, Kabupaten Bangka Selatan akan melaksanakan Pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati, manakala ada orang yang dengan segaja melakukan tindakan meresahkan masyarakat melalui kebohongan yang disengaja maupun tidak disengaja di media sosial harus ditelusuri, tindakan yang sesuai dengan peraturan per undang-undangan.

Sementara itu, sebagai mantan Kadiv Propam Polri tahun 2009-2010, tak lupa ia memberikan nasihat kepada personil Polres Bangka Selatan untuk selalu menjadi Polri yang benar-benar sebagai Pelindung, Pengayom, Pelayan serta penindakan Hukum yang profesional dengan menjaga etika Kepolisian yang di harapkan masyarakat luas.

“Jadilah polisi yang baik, polisi yang jujur karena polisi itu mengemban amanah yang sangat mulia, lakukan setiap tugas dengan tulus serta keikhlasan. Semoga apapun yang kalian lakukan akan dibalas dengan Pahala dari Allah SWT," tutup Mantan Wakapolda Babel periode 2005 sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Patroli Cyber tahun 2019 ini. (Humas Polres Bangka Selatan)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved