Strategi Membangun Daerah Harus Efektif dan Efisien, Begini Pesan Wagub Abdul Fatah

"Kita perlu bergerak bersama membangun daerah, sehingga upaya yang dilakukan menjadi efektif," kata Wagub Abdul Fatah

Strategi Membangun Daerah Harus Efektif dan Efisien, Begini Pesan Wagub Abdul Fatah
Diskominfo Babel
Wagub Abdul Fatah saat Pembukaan Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah se-Babel di Hotel Novotel, Bateng, Kamis (5/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Strategi membangun daerah harus efektif dan efesien. Untuk itu perlu langkah-langkah menyusun peta proses bisnis instansi pemerintah. Sehingga instansi bisa bergerak bersama dalam melakukan pembangunan daerah.

Abdul Fatah Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pemerintah hendaknya dapat membuka diri dalam menjalankan pembangunan di daerah. Harapannya pelaksanaan pembangunan menjadi efesien dan efektif.

"Kita perlu bergerak bersama membangun daerah, sehingga upaya yang dilakukan menjadi efektif," kata Wagub Abdul Fatah saat Pembukaan Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah se-Babel di Hotel Novotel, Bateng, Kamis (5/9/2019).

Pada dasarnya berbagai OPD sudah menjalankan fungsinya. Wagub Abdul Fatah mengatakan, instansi di daerah menjalankan visi dan misi organisasi serta bisa menyusun rencana sesuai akuntabilitas kinerja. Sebab terdapat keterkaitan antara instansi.

Wagub Abdul Fatah mencontohkan, instansi seperti Dinas Kesehatan perlu menjalin koordinasi dengan Dinas Perhubungan. Hal ini untuk mempermudah aksebilitas pasien ketika ingin memanfaatkan jasa rumah sakit daerah.

"Ini membutuhkan koordinasi, agar jalan menuju lokasi menjadi baik. Instansi pemerintah juga harus mengenal sumber daya daerah. Dengan adanya asistensi ini bisa lebih tajam memetakan bisnis daerah," harap Wagub Abdul Fatah.

Sebelumnya Eddy Syah Putra Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN RB mengatakan, kegiatan ini bagian persiapan penataan organisasi dengan proses bisnis. Sehingga organisasi pemerintahan bisa menjalankan fungsinya.

Pembentukan kelembagaan harus punya peran jelas. Eddy menambahkan, pelaksanaan pekerjaan menjadi fokus, penganggaran sesuai dengan perencanaan dan tetap saling menunjang satu sektor dengan sektor yang lain.

Tak kalah penting, kata Eddy, perlu adanya kecepatan, ketepatan pemetaan SDM dan pengambilan keputusan. Untuk itu membutuhkan koordinasi antara perangkat daerah sesuai dengan visi dan misi lintas sektor.

Menurut Eddy, selain melakukan sosialisasi, akan langsung melakukan asistensi. Ke depan, Babel akan menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia. Karena baru kali ini menggelar sosialisasi ke semua jajaran hingga tingkat kabupaten kota

"Hari ini paling lengkap. Kita mencoba melihat apa yang sudah dilaksanakan, sehingga bisa mempertajam visi misi kepala daerah demi pembangunan lima tahun mendatang," kata Eddy

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved