Breaking News:

Advertorial

Bimtek Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah di Kota Pangkalpinang

Seperti diketahui bersama bahwa salah satu persyaratan bagi sekolah yang mengajukan permohonan mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan.

BPOM Pangkalpinang
Sebanyak 10 (sepuluh) sekolah yang terdiri dari perwakilan sekolah dari kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Tengah hadir di Aula Kantor Balai POM di Pangkalpinang, (5/9/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Sebagai kegiatan lanjutan dari proses dalam mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan bagi Kantin Sekolah di tahun 2019, sekolah yang berkeinginan mengajukan permohonan mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah ini mendapatkan bimbingan teknis.

Bimbingan teknis ini diadakan setelah sebelumnya dilakukan pemetaan terhadap kantin-kantin sekolah yang dipilih dari sekolah-sekolah yang telah mengikuti Bimtek PJAS. Sebanyak 10 (sepuluh) sekolah yang terdiri dari perwakilan sekolah dari kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Tengah hadir di Aula Kantor Balai POM di Pangkalpinang pada tanggal 5 September 2019.

Seperti diketahui bersama bahwa salah satu persyaratan bagi sekolah yang mengajukan permohonan mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan.

Kantin Sekolah adalah telah memiliki Sertifikat Higiene Sanitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, namun dari sekolah yang hadir masih sedikit yang telah memiliki sertifikat HS tersebut, oleh karena itu sekolah yang belum memiliki sertifikat HS diharapkan segera mengajukan juga sertifikat tesebut ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat.

Kegiatan Bimtek PBKPKS ini diisi dengan pre test dan post test serta penyampaian materi oleh narsumber, yakni Kepala Balai POM di Pangkalpinang, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM, Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, Andhika Achmad Sugiarto, S.Farm., Apt dan staff dari Seksi Infokom.

Adapun penekanan materi yang disampaikan adalah bagaimana sekolah harus paham akan isian form audit PBKPKS ini, dikarenakan nantinya akan ada satu proses audit internal yang dilakukan sekolah, sehingga sekolah harus paham terlebih dahulu akan isi dan maksud yang terdapat di dalam form audit tersebut.

Selain audit internal, sekolah yang mengajukan PBKPKS ini juga diharuskan melakukan sosialisasi terhadap pihak-pihak yang berkepentingan terhadap kantin sekolah dengan menyampaikan modul-modul PBKPKS yang meliputi, Higiene Karyawan ; Penanganan, Pengolahan dan Penyajian Pangan ; dan Pengendalian Hama, Sanitasi Tempat dan Peralatan.

Setelah disampaikan materi dari narasumber, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber, terkait dengan pemenuhan persyaratan audit Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah, sehingga diharapkan sekolah bisa melakukan perbaikan bertahap terhadap aspek-aspek yang belum terpenuhi.

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved