Berita Pangkalpinang

VIDEO: UILS Untuk Penyandang Disabilitas Sudah Terbentuk di Kota Pangkalpinang

Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang membentuk Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS)

BANGKAPOS.COM - Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang membentuk Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS), yakni kegiatan layanan bagi penyandang disabilitas mental di Kota Pangkalpinang yang terletak di Jalan RE Martadinata Kelurahan Rejosari (sebelah Mandrasah Ibtidaiyah Negeri Pangkalpinang).

Hal ini diungkapkan Drs Wahyono, Sekretaris Dinas Sosial Kepulauan Babel kepada Bangkapos.com, Jumat (06/09/2019).

"UILS bagi penyandang disabilitas mental ini diprakarsai oleh Dinas Sosial Provinsi Babel bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang dalam rangka mengurangi masalah kesejahteraan sosial di Kota Pangkalpinang," kata Wahyono yang juga Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang.

Dijelaskannya masih banyaknya stigma negatif di lingkungan masyarakat menjadi salah satu penghambat bagi para penyandang disabilitas nental yang telah menjalani rehabilitasi medis untuk kembali beraktivitas secara aktif di masyarakat.

"Bahkan tidak sedikit dari mereka yang masih kembali mengalami gangguan jiwa hanya karena ketidaksiapan keluarga dan lingkungan dalam menerima mereka," imbuhnya.

Sementara Sri Kusmala, pengurus UILS menambahkan di unit layanan ini para penyandang disabilitas mental diajak untuk berkomunikasi, bergembira, diberi bimbingan keterampilan, bimbingan mental/rohani, kegiatan olahraga dan rekreasi, sehingga diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan diri mereka dan menjadi bekal bagi mereka untuk dapat kembali berfungsi sosial dengan baik.

"Kegiatan UILS ini tidak lepas dari dukungan para Kader Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat (Kader RBM) yang terdiri dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan masih membuka peluang bagi para relawan dari masyarakat untuk ikut serta," tukasnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved