Warga Dusun Tuing Riausilip Temukan Tanaman Mirip Bajakah Obat Kanker

Mungkinkah pohon Bajakah yang disebut sebagai pengobat kanker tumbuh di Hutan Tuing Mapur Kabupaten Bangka?

BANGKA POS.COM, BANGKA -- Tanaman bernama Bajakah yang konon merupakan obat alami penyembuh penyakit Kanker, katanya hanya tumbuh di Kalimantan Tengah.

Hasil penelitian tiga pelajar SMA di Kalimantan Tengah itu kemudian menjadi viral di media sosial (Medsos).

Apalagi temuan ini berhasil menyabet medali emas di Ajang Word Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul Korea Selatan, 2019.

Namun benarkah Bajakah hanya tumbuh di Pulau Kalimantan?

Warga Dusun Tuing Desa Mapur, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka, Isnan alias Mang Is (61) dan anaknya, Kuren (40) secara tak sengaja menemukan batang yang menurut mereka sangat mirip dengan Bajakah, seperti yang pernah mereka lihat viral di media sosial.

"Kalau kami di sini (Dusun Tuing) menyebut tanaman ini Kekaet karena batangnya bekaet (berkaitan atau menjalar pada pohon lainnya)," kata Isnan alias Mang Is ditemui Bangkapos.com, usai penemuan pohon yang dimaksud di hutan dusun setempat, Sabtu (7/9/2019) petang.

Menggunakan parang atau golok, Kuren langsung memotong beberapa meter batang atau pohon Kekaet yang mereka temukan di hutan tadi bersama sang ayah.

Bahkan Kuren sempat meminum air yang keluar dari batang bekas potongan tadi karena yakin Kekaet adalah Bajakah.

"Saya lihat di medsos tanaman Bajakah berkhasiat menyembuhkan kanker. Bentuk pohonnya sama dengan pohon Kekaet di hutan dusun kami. Mungkinkah ini Bajakah? Kalau benar Tanaman Kekaet ini adalah Bajakah, wah..bisa kaya kita, bisa bantu teman yang kena kanker," kata Kuren sedikit mengumbar canda.

Sayangnya apakah betul tanaman lokal Dusun Tuing Desa Mapur bernama Kekaet sama dengan Bajakah, Mang Is maupun Kuren tak dapat memastikannya karena butuh klarifikasi khusus oleh ahli tanaman.

Tonton video Mang Is menunjukan batang dan daun Kekaet yang ia tafsir merupakan Bajakah, pengobat kanker.

(bangkapos/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved