Berita Sungailiat

Sukses Raih Runner Up 1 Putra Maritim Indonesia, Arinda Wakili Bangka Belitung Ikut Sail Nias 2019

Pemuda asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menjadi Runner Up 1 Putra Maritim Indonesia

Sukses Raih Runner Up 1 Putra Maritim Indonesia, Arinda Wakili Bangka Belitung Ikut Sail Nias 2019
Istimewa/Ist/M Arinda
Muhammad Arinda Unigraha Utama saat mengikuti kegiatan Sail NIAS 2019 sebagai utusan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (Ist/M Arinda) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Muhammad Arinda Unigraha Utama, pemuda asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil menjadi Runner Up 1 Putra Maritim Indonesia mendapat kesempatan emas untuk penugasan dalam Pelayaran Lingkar Nusantara (PELANTARA) IX Tahun 2019.

Kegiatan ini dalam rangka Sail NIAS 2019 sebagai utusan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Arinda tergabung dalam 10 perwakilan Duta Maritim Indonesia akan berlayar bersama pemuda-pemudi terbaik Indonesia dari Gerakan Pramuka Saka Bahari, Kapal Pemuda Nusantara, dan Bela Negara pada 1 sampai 21 September 2019 dengan rute pelayaran Tanjung Periok-Sibolga-Nias-Lampung-Tanjung Periok menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 TNI AL.

Berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelayaran selama 20 hari baik di atas KRI maupun di darat.

Para peserta akan mendapatkan pembekalan dari beberapa petinggi negara seperti kemenpora, kemenhan, kasal dan kwarnas singgah di Sibolga dan Nias Sumatera Utara untuk aksi bakti sosial, aksi bersih pantai, wisata bahari, jumpa tokoh, belajar pengolahan hasil perikanan laut, berlatih kemiliteran di Brigif 4 Lampung, dan puncaknya mengikuti rangkaian kegiatan SAIL NIAS 2019.

Muhammad Arinda Unigraha Utama saat mengikuti kegiatan Sail NIAS 2019 sebagai utusan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.
Muhammad Arinda Unigraha Utama saat mengikuti kegiatan Sail NIAS 2019 sebagai utusan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (Ist/M Arinda)

Sebelum memulai pelayaran, para Duta Maritim Indonesia terlebih dahulu dibekali pengetahuan tentang alutsista dan kemaritiman oleh Kolonel Laut (P) Dian Purnomo Sidhi, M Tr (Han) selaku Komandan Denma Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) dan salah satu pembina Duta Maritim Indonesia di MAKOLINLAMIL-TNI AL oleh Lakseda (Pur) Surya Wiranto, terkait misi Duta Maritim pada Sail Nias 2019 ini.

Kemudian pelayaran dilepas oleh Menteri Hukum dan HAM RI di JITC Tanjung Priok.

Menurut Arinda, tujuan ditugaskannya Duta Maritim dalam Pelantara Sail Nias ini adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam mengelola serta memanfaatkan sumberdaya alam untuk kesejahteraan rakyat dan sebagai upaya mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia melalui berbagai giat yang diselenggarakan.

Diakuinya, pemilihan utusan ini tidak mudah dan ekstra ketat.

"Alhamdulillah dengan adanya keikutsertaan wakil pemuda dari Bangka Belitung, menjadi tanda bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara sumberdaya kepemudaan juga turut terlibat dan mendukung kegiatan-kegiatan kemaritiman nasional," kata Arinda kepada bangkapos.com, Minggu (8/9/2019).

Dia berharap sekembalinya dari kegiatan ini mampu berkolaborasi dengan Pemprov Babel dan Lanal Babel dalam mengembangkan program kemaritiman berbasis pemberdayaan masyarakat.

(bangkapos.com/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved