Berita Pangkalpinang

Defisit Tinggi, Jangan Paksakan Penyertaan Modal, Didit: Nanti Kita Juga yang Susah

Lembaga yang disebut bakal mendapat penyertaan modal yakni BUMD Babel, Bank Sumsel Babel, Bank Syariah Babel dan PT Jamkrida Babel.

Defisit Tinggi, Jangan Paksakan Penyertaan Modal, Didit: Nanti Kita Juga yang Susah
(BANGKA POS / DEDY Q)
Didit Srigusjaya 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- DPRD Provinsi Bangka Belitung akan mengkaji secara mendalam terkait rencana pemprov Babel untuk menyertakan modalnya ke lembaga lain.

Lembaga yang disebut bakal mendapat penyertaan modal yakni BUMD Babel, Bank Sumsel Babel, Bank Syariah Babel dan PT Jamkrida Babel.

Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya mengatakan penyertaan modal ke lembaga terkait perlu dikaji secara mendalam. Di sisi lain, kemampuan APBD Babel 2020 belum kuat untuk memberikan penyertaan modal tersebut.

"Jangan nanti defisit kita tinggi, tetapi memaksakan untuk penyertaan modal. Tidak cocok juga. Kita akan berikan bayangannya nanti mana-mana yang memang perlu penyertaan modal," kata Didit Srigusjaya, Senin (9/9/2019).

Bila APBD Babel 2020 dikisaran Rp 3 Trilliun, diasumsikan defisit sekitar Rp 190 miliar. Perkiraan defisit tersebut harus dicarikan solusinya.

Memang ada cara lain untuk menutupi defisit. Meningkatkan PAD melalui pajak serta retribusi atau melalu Dana Alokasi Umum (DAU).

VIRAL Heboh Begal di Semabung, Ternyata Solihin Dicelurit Mantan Pacar Kekasihnya

Pelajar SMAN di Pangkalpinang Dikeroyok Kawanan Remaja, Pakai Motor Nmax dan Penutup Wajah

"Iya kalau DAU-nya dapat. Kalau tidak dapat bagaimana, kalau tidak sesuai target kita bagaimana. Kan nanti kita juga yang susahnya," ujar Didit.

"Ujung-ujungnya rasionalisasi kegiatan. Misalkan, proyek 2 miliar, dirasionalisasikan setengahnya, siapa yang mau mengerjakannya. Kita khawatir kalau mengedepankan rasionalisasi, banyak kegiatan kita yang nggak jalan," ujar Didit.

Karenanya DPRD Babel bakal mencermati dengan baik RAPBD 2020 yang diajukan oleh Pemprov Babel.

Program yang dinilai belum perlu, maka akan dihapus atau dialihkan ke program untuk kepentingan masyarakat. (Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved