Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota PKP gelar sosialisasi Rencana Tata Ruang tahun 2019

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Rencana Tata Ruang Tahun 2019

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota PKP gelar sosialisasi Rencana Tata Ruang tahun 2019
Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang
Kepala bidang & kepala seksi pada Bidang Tata Ruang Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Pkp saat menjadi narasumber pada Sosialisasi Rencana Tata Ruang Tahun 2019 

PANGKALPINANG - Dalam rangka pelaksanaan pembinaan penataan ruang sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, serta Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pangkalpinang Tahun 2011-2030, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Rencana Tata Ruang Tahun 2019 pada tanggal 26 Agustus – 10 Oktober 2019, yang bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini akan menjadi tradisi rutin setiap tahun khususnya bagi Bidang Tata Ruang untuk menyebarluaskan informasi rencana tata ruang, yaitu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan rencana rincinya, kepada segenap pegawai Pemerintah Kota Pangkalpinang dan masyarakat pada umumnya.

Kepala bidang & kepala seksi pada Bidang Tata Ruang Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Pkp saat menjadi narasumber pada Sosialisasi Rencana Tata Ruang Tahun 2019
Kepala bidang & kepala seksi pada Bidang Tata Ruang Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Pkp saat menjadi narasumber pada Sosialisasi Rencana Tata Ruang Tahun 2019 (Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang)

Acara serupa telah diadakan pada tahun 2012 atau sejak Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pangkalpinang Tahun 2011-2030 ditetapkan pada tanggal 27 Januari 2012. Sempat vakum beberapa tahun, Sosialisasi ini dilanjutkan kembali pada tahun 2018 yang lalu dan berlanjut setiap tahunnya.

Jika tahun lalu Sosialisasi ditujukan pada para pejabat Eselon II, Eselon III, dan Eselon IV, maka tahun ini Sosialisasi Rencana Tata Ruang ditujukan kepada seluruh staf/fungsional/pelaksana, baik PNS maupun CPNS, serta PHL di semua Perangkat Daerah (termasuk Kecamatan dan Kelurahan) di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Dengan harapan bahwa rencana tata ruang dapat diketahui oleh seluruh pegawai untuk selanjutnya dipedomani dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di perangkat daerah masing-masing. Mengingat bahwa RTRW merupakan pedoman dalam penyusunan dan evaluasi berbagai dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Sosialisasi Rencana Tata Ruang merupakan bagian dari upaya pembinaan penataan ruang sebagai salah satu aspek dalam TURBINLAKWAS (pengaturan, pembinaan, pelaksanaan, pengawasan) penataan ruang yang merupakan kewajiban Pemerintah Daerah.

Adapun bentuk pembinaan lainnya yaitu : koordinasi penyelenggaraan penataan ruang; pemberian bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan penataan ruang; pendidikan dan pelatihan; penelitian dan pengembangan; pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang; penyebarluasan informasi penataan ruang kepada masyarakat; dan pengembangan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat.

Sosialisasi peraturan perundang-undangan dan sosialisasi pedoman bidang penataan ruang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada aparat pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, tentang substansi peraturan perundang-undangan dan pedoman bidang penataan ruang.

Rencana tata ruang adalah produk dari perencanaan tata ruang. Misalnya RTRW Kota Pangkalpinang Tahun 2011-2030 dan rencana rincinya. Untuk menyebarluaskan informasi dalam rencana tata ruang yang telah ditetapkan, maka sangat penting untuk dilakukan sosialisasi seluas-luasnya secara efektif kepada para pemangku kepentingan dan khalayak umum, dengan memanfaatkan berbagai media yang tersedia.

Kegiatan Sosialisasi Rencana Tata Ruang ini juga dilaksanakan sebagai momentum peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 tentang Hari Tata Ruang Nasional.

Peringatan Hari Tata Ruang Nasional setiap tanggal 8 November telah dilaksanakan sejak tahun 2008, sebagai upaya untuk terus menerus meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat di bidang penataan ruang dan sosialisasi berbagai kebijakan Pemerintah di bidang penataan ruang, baik di pusat maupun di daerah.

Untuk itu, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga mempersiapkan acara khusus Peringatan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2019 tersebut, untuk semakin meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat untuk mengetahui dan menaati rencana tata ruang Kota Pangkalpinang.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved