Berita Sungailiat

Investor Kembali Bangun Pabrik CPO Sawit di Kabupaten Bangka

Pabrik crude palm oil (CPO) kelapa sawit bakal kembali dibangun di Kabupaten Bangka.

Investor Kembali Bangun Pabrik CPO Sawit di Kabupaten Bangka
IST/Ismir R
Tampak suasana peletakan batu pertama pembangunan pabrik CPO Kelapa Sawit PT Mitra Agro Sembada di Desa Labu Kecamatan Puding Besar Bangka, Senin (9/9/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pabrik crude palm oil (CPO) kelapa sawit bakal kembali dibangun di Kabupaten Bangka. Rencana itu ditandai peletakan batu pertama oleh pihak perusahaan di Desa Labu Kecamatan Puding Besar Bangka. Acara ini melibatkan unsur Tripika Puding Besar, bersama tokoh masyarakat setempat, Senin (9/9/2019).

Camat Puding Besar (Pubes), Ismir R kepada bangkapos.com, Senin (9/9/2019) mengatakan jika nanti pabrik selesai dibangun, maka akan sangat menguntung petani atau masyarakat sekitarnya. Apalagi nanti akan dikakukan pola plasma dan pola kemitraan dengan masyarakat lokal.

"Nanti pola kemitraan sama masyarakat dan ada juga sistem plasma," kata Ismir.

Sementara itu pabrik CPO kelapa sawit tersebut merupakan badan usaha atas nama PT Mitra Agro Sembada. Lokasi pabrik di Desa Labu Kecamatan Puding Besar Bangka sudah dirancang sejak lama. Langkah yang saat ini dilakukan berupa peletakan batu pertama pembangunan pabrik.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Puding Besar Ismir R, Kapolsek Puding Besar Iptu Abu Yazid, Danramil Merawang Kapten Idhamudin, Danpos Ramil Puding Pelda Latif, Kades Labu Zainudin, toko agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta perwakilan masyarakat Desa Labu.

Acara dibuka pada pembacaan Ayat Suci Al Quran oleh Angga Maulna. Acara dilanjutkan kata sambutan Kades Labu, sambutan Camat Puding Besar, sambutan Direktur Utama PT Mitra Agro Sembada, Anen Candra Tjen, pembacaan doa selamat oleh Ustazd M Amin dan pembacaan doa tolak balak oleh Ustazd M Nasir. Setelah itu barulah secara simbolis dilakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pabrik oleh pejabat dan tokoh setempat.

"Selaku Pemerintah Kecamatan Puding Besar, kami berterimakasih Kepada investor dalam hal ini PT Mitra Agro Sembada karena telah berinvestasi di Kecamatan Puding Besar di bidang pengelolaan tandan buah sawit (TBS menjadi CPO)," kata Ismir.

Pembagunan pabrik tidak bisa hanya dilakukan oleh masyarakat saja sehingga perlu adanya peran serta dari investor. Selaku Pemerintah Kecamatan Puding Besar, Ismir berharap PT Mitra Agro Sembada dapat memberikan dampak positip kepada masyarakat Desa Labu dan dampak yang positip pula kepada masyarakat kecamatan maupun kabupaten ini.

"Semoga pembangunan PT Mitra Agro Sembada dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun ke depannya nanti," harap Ismir.

(bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved