Malu Lihat Unggahan Wali kota Pangkalpinang di Media Sosial, Pedagang ATM Bersihkan Sampah

Sejumlah pedagang di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang gotong royong membersihkan sekitar kawasan tersebut, setelah unggahan foto dimedia sosial

Malu Lihat Unggahan Wali kota Pangkalpinang di Media Sosial, Pedagang ATM Bersihkan Sampah
Bangkapos/irakurniati
Pedagang inisiatif membersihkan Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, setelah unggahan foto dimedia sosial wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengenai sampah berserakan, Senin (9/9/2019) 

Malu Lihat Unggahan Wali kota Pangkalpinang di Media Sosial, Pedagang ATM Bersihkan Sampah

BANGKAPOS.COM - Sejumlah pedagang di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang gotong royong membersihkan sekitar kawasan tersebut, setelah unggahan foto dimedia sosial milik wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil atas keresahannya terhadap permasalahan sampah.

Adi, salah seorang pedagang, mengatakan, inisiatif ini muncul setelah melihat unggahan yang diunggah Molen dan membaca pemberitaan dimedia. Bersama pedagang lain, mereka membersihkan, menyapu, hingga mengangkat sampah yang tergeletak di dalam selokan.

Diakuinya, memang setiap selesai menjajakan dagangan, sampah makanan ditumpuk menjadi satu dan diletakkan di tepi jalan sehingga mudah dipungut oleh petugas kebersihan. Namun, kembali lagi pada kesadaran dari masing-masing pedagang bila ingin lapak jualannya bersih dan rapi.

"Malu juga kita sebagai yang punya tapi ternyata selama ini kurang sadar. Mungkin kedepan akan lebih perhatian lagi mengenai pembuangan sampah agar lapak nya bersih dan ATM ini semakin banyak didatangi orang. Terlebih biar tidak terlihat jorok dan indah dipandang," ujarnya, Senin (9/9/2019).

Sayangnya menurut Adi, kesadaran membuang sampah harusnya juga dilakoni oleh masyarakat yang berkunjung. Tak dipungkiri, dia menyebut, masih ada masyarakat setelah jajan sampah plastiknya dibiarkan begitu saja, ada yang diselipkan diantara pepohonan bahkan ditaruh di taman sekitar. Dia berharap, selain pedagang meletakkan sampah di tempat yang diperuntukkan, pengunjung juga turut menjaga agar tidak terjadi masalah serupa.

Sebelumnya, wali kota Pangkalpinang dalam akun instagram dan facebook nya mengunggah gambar sampah berserakan di kawasan ATM. Dipostingan itu pun Molen meminta masyarakat sadar mengenai permasalahan sampah yang darurat dan mengajak untuk peduli kebersihan lingkungan.

"Alhamdulillah saya senang sekali dengan apa yang dilakukan para pedagang di ATM, ternyata mereka mau dan cinta akan kebersihan kotanya. baru kemaren saya posting dimedia sosial saya, hari ini mereka langsung tindaklanjuti, seandainya semua seperti ini saya yakin kota kita segera akan dapat adipura," pungkas Molen saat dikonfirmasi bangkapos.com .

Molen menyebut, kawasan ATM khususnya masalah sampah menjadi perhatian dia dan akan selalu dipantau, baik itu ketika bersepeda pagi atau diwaktu-waktu fleksibelnya.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved