Berita Bangka Barat

Musim Kemarau, Stok Air Baku PDAM di Kolong Terabik Menyusut Tiga meter

Memasuki musim kemarau, debit air baku di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IPA Kolong Terabek, Desa Belo Laut, mengalami penyusutan

Musim Kemarau, Stok Air Baku PDAM di Kolong Terabik  Menyusut Tiga meter
Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Kolong SPAM IPA Kolong Terabek 

BANGKAPOS.COM-- Memasuki musim kemarau, debit air baku di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IPA Kolong Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, mengalami penyusutan.

Tepian dam kolong terlihat mengering. Begitu pun dengan rumput dan lalang yang tumbuh di tepi dam kolong.

Kepala Cabang SPAM IPA kolong Terabek, Yani mengatakan, menyusutnya debit air baku terjadi sejak memasuki musim kemarau.

Menurutnya, penyusutan tersebut kurang lebih sekitar tiga meter.

"Sejak memasuki musim kemarau, air baku terus mengalami penyusutan. Saat ini penyusutannya kurang lebih sekitar 3 meter," jelas Yani mewakili Direktur PDAM Tirta Sejiran Setason Abdi Nursahri, Senin (9/9/2019)

Kendati menyusut, namun distribusi air dari Penyediaan Air Minum (SPAM) IPA kolong Terabek, ke wilayah Desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat mencukupi.

Hanya saja ada beberapa daerah yang pendistribusiannya belum terjangkau pasca musim kemarau. Diantaranya wilayah Dusun Pait dan Kawasan SMAN 1 Muntok.

Kepala Cabang SPAM IPA kolong Terabek, Yani memastikan sampai saat ini distribusi air ke wilayah Desa Belo Laut tercukupi. Namun bukan berarti tidak ada keluhan dari masyarakat.

"Untuk wilayah desa Belo Laut, masih tercukupi. Kecuali yang di daerah Pait dan SMAN 1 itu sudah tidak sampai. Kalau keluhan pasti ada, karena memang kondisinya kemarau seperti ini," kata Yani. (Bangkapos.com/Anthoni)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved