Advertorial

UT Pangkalpinang Jangkau Mahasiswa di Daerah

SEBANYAK 1681 mahasiswa baru Univeristas Terbuka (UT) Pangkalpinang mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Minggu (8/9)

UT Pangkalpinang Jangkau Mahasiswa di Daerah - ut-pangkalpinang-jangkau-mahasiswa-di-daerah.jpg
ist/UT Pangkalpinang Jangkau Mahasiswa di Daerah
SEBANYAK 1681 mahasiswa baru Univeristas Terbuka (UT) Pangkalpinang mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Minggu (8/9)
UT Pangkalpinang Jangkau Mahasiswa di Daerah - mahasiswai-ut-pangkalpinang.jpg
ist/Mahasiswa/i UT Pangkalpinang
OSMB kali ini digelar di dua tempat secara bersamaan, yakni di Bangka City Hotel untuk di Pulau Bangka dan di Puncak Hotel Tanjungpandan untuk di Pulau Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 1681 mahasiswa baru Univeristas Terbuka (UT) Pangkalpinang mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Minggu (8/9). OSMB kali ini digelar di dua tempat secara bersamaan, yakni di Bangka City Hotel untuk di Pulau Bangka dan di Puncak Hotel Tanjungpandan untuk di Pulau Belitung.

OSMB 2019 diisi dengan materi motivasi, paparan mengenai perkuliahan secara umum, hingga peng­enalan aktivitas kampus, pengenalan mahasiswa berprestasi, hiburan serta kuis.

“Pada OSMB ini, kami ingin mengenalkan sistem pendidikan di UT secara umum kepada para mahasiswa,” kata Manajer Keuangan dan Umum UT Pangkalpinang Umar Sumardi, Minggu (8/9).

Saat ini total mahasiswa UT Pangkalpinang berjumlah sekitar 7000 mahasiswa dan tersebar di kabupaten/kota di Babel. Rinciannya 1500 lebih mahasiswa mengambil Program Pendidikan Dasar (Pendas) seperti jurusan pendidikan guru PAUD, Guru SD, pendidikan Biologi hingga pendidikan Bahasa. Sementara 5500 sisanya, mengikuti Program Non-Pendas seperti jurusan Ekonomi, Administrasi Negara, Akuntasi, Hukum hingga Ilmu Pemerintahan.

Tahun ini, UT Pangkalpinang menerima total 1681 mahasiswa. Mereka masing-masing berasal dari Pangkalpinang yakni 470 mahasiswa, Bangka (380 mahasiswa), Bangka Barat (123 mahasiswa) Bangka Tengah (181 mahasiswa), Bangka Selatan (171 mahasiswa), Belitung (264 mahasiswa), dan Belitung Timur yakni sebanyak 93 mahasiswa.

“Jumlah mahasiswa kami cenderung. Saat ini naik 20 persen dibanding tahun kemarin,” kata Umar.

Setelah OSMB ini, UT Pang­kalpinang juga akan mela­ksanakan Praktik Kesi­apan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) pada pekan depan. Pada PKBJJ ini, para mahasiswa baru UT akan diperkenalkan bagaimana teknis perkuliahan di UT seperti aktivasi keanggotaan, cek nilai, cek kartu ujian dan hingga cara mengoptimlkan akses ke www.ut.ac.id.

Umar mengatakan, tahun ini UT Pangkalpinang juga memperkenalkan wadah-wadah bagi kegiatan mahasiswa berprestasi.

“Mahasiswa yang memiliki kelebihan dalam bidang atletik atau debat misalnya, kami ada saluran dan wadahnya,” ucap Umar.

Ditemui terpisah, Direktur UT Pangkalpinang Hasmonel mengatakan kehadiran UT Pangkalpinang diharapkan bisa meningkatan Ang­ka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Babel. Pihaknya berupaya untuk menjangkau mahasiswa-mahasiswa di daerah. UT Pangkalpinang berusaha menggaungkan upaya ini lewat tagline mereka Babel Samah Saja (Satu Rumah Minimal Satu Sarjana).

Saat ini, kata Hasmonel, ada berbagai beasiswa yang ditawarkan UT Pangkalpinang, seperti Bidik Misi, beasiswa CSR, beasiswa dari Pemprov Babel, hingga IKA (Ikatan Alumni) UT. Penyediaan beasiswa ini merupakan satu dari sejumlah upaya untuk mensukseskan Babel Samah Saja.

“Kami ingin menjangkau mahasiswa-mahasiswa yang ada di daerah. Gerakan Babel satu rumah minimal satu sarjana akan selalau kami gaungkan,” kata Hasmonel. 

Penulis: iklan bangkapos
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved