VIDEO: Kualitas Air Baku Kolong Pedindang Meningkat Baik, 100 Persen Bisa Diolah Jadi Air Bersih

Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kotahb Pangkalpinang, Zuniar Nangtjik mengungkapkan saat ini manajemen PDAM sepenuhnya menggunakan air

BANGKAPOS.COM - Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kota Pangkalpinang, Zuniar Nangtjik mengungkapkan saat ini manajemen PDAM sepenuhnya menggunakan air baku dari Kolong Pedindang dengan kemampuan pompa intake 80 liter/detik.

Saat ini kualitas air baku Kolong Pedindang sangat baik, karena tingkat kekeruhan (turbidity) sangat rendah hanya 47,1 ntu, padahal sebelumnya tingkat kekeruhan sampai mencapai di atas 7.000 ntu.

"Alhamdulillah tingkat kekeruhan sumber air baku Kolong Pedindang saat kemarau ini menurun drastis, sehingga kita suplai air dari pompa intake 80 liter per detik bisa kita olah sepenuhnya menjadi air bersih. Sebelumnya saat air baku keruh, kita hanya bisa mengolah sebesar 30 persen saja yang menjadi air bersih 70 persen nya dibuang karena penuh lumpur, tetapi saat ini hampir seluruh suplai air baku bisa diolah menjadi air bersih," kata Zuniar Nangtjik kepada Bangkapos.com, Senin (9/9/2019) di kantornya.

Diungkapkannya, penyebab membaiknya kualitas sumber air baku di Kolong Pedindang karena manajemen PDAM menyuntikkan atau membubuhkan zat kimia, yakni tawas ke dalam Kolong Pedindang, sehingga tingkat kekeruhan air baku jauh menurun atau kualitas air baku menjadi baik sehingga lebih mudah dalam mengolahnya.

"Sumber air Kolong Pedindang dari aliran sungai dari kawasan Bukit Mangkol sampai saat ini juga masih mengalir masuk ke dalam Kolong, memang air masuk ke kolong ini masih tetap keruh," imbuh Zuniar.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved