Berita Pangkalpinang

Anggaran Dinas Pendidikan Babel di RAPBD 2020 Rp 400 Miliar

Anggaran di Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung yang diajukan di RAPBD 2020 saat ini sedang dalam pembahasan di tingkat komisi di DPRD Babel.

Anggaran Dinas Pendidikan Babel di RAPBD 2020 Rp 400 Miliar
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh. 

BANGKAPOS.COM-- Anggaran di Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung yang diajukan di RAPBD 2020 saat ini sedang dalam pembahasan di tingkat komisi di DPRD Babel.

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003, alokasi anggaran harus 20 persen dari APBD.

Untuk di Propinsi Bangka Belitung, RAPBD 2020, alokasi anggaran di dinas  pendidikan sebesar Rp 400 miliar lebih.

Bila melihat RAPBD 2020 murni, sebesar Rp 2,5 trilliun, maka alokasi anggaran sudah mencapai 20 persen sebagaimana amanat undang-undang.

Kepala Dinas Pendidikan, Propinsi Bangka Belitung, M Soleh menjelaskan bahwa total anggaran Rp 400 miliar lebih itu total belanja langsung dan tidak langsung.

“Memang segitu besarnya kalau totalnya, belanja langsung dan tidak langsung. Itupun belum termasuk DAK fisik dan non fisik. Kalau DAK dari pusat itu nantinya ada, kisaran anggaran kita sekitar Rp 700 miliar. Tapi sekarang DAK itu belum ada,” jelas Soleh, Selasa (10/9/2019).

Untuk belanja tidak langsung, total anggaranya sekitar Rp 200 miliar lebih. Kemudian untuk anggaran belanja langsung sekitar Rp 164 miliar.

“Dalam pembahasan RAPBD 2020 di Komisi IV yang kita bahas itu kebanyakan di belanja langsung. Kalau yang tidak langsung itu kan sudah tetap, misalkan gaji pegawai dan lainnya,” kata Soleh.

Ketua Komisi IV DPRD Babel, Tanwin usai rapat mengatakan dari hasil rapat pembahasan RAPBD 2020 dengan Dinas Pendidikan, ditemukan masih adanya kegiatan yang non skala prioritas.

 “Banyak kita temukan yang tidak skala prioritas tetapi diajukan juga. Akhirnya kita rasionalisasikan atau dialihkan ke kegiatan lain yang skala prioritas. Yang kita rasionalisasikan itu berkisar Rp 190 miliar. Tapi ini belum final, masih akan kita bahas lagi nantinya,” jelas Tanwin.

Untuk finalisasi RAPBD 2020, tambah Tanwin nantinya tetap berada di Badan Anggaran. Komisi-komisi hanya membahas detail kegiatan dari RAPBD yang diajukan oleh Pemprov Babel. (Bangkapos.com/Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved