Cegah Korupsi Dana Desa Polres Bangka Selatan Segera Luncurkan Program Asistensi Kades

Satuan Reskrim unit tipikor Polres Bangka Selatan (Basel), rencananya dalam waktu dekat akan meluncurkan program Asistensi

Cegah Korupsi Dana Desa Polres Bangka Selatan Segera Luncurkan Program Asistensi Kades
bangkapos.com/m rizky
Kasatreskrim Polres Basel, Akp Albert Daniel Tampubolon 

Cegah Korupsi Dana Desa Polres Bangka Selatan Segera Luncurkan Program Asistensi Kades

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Satuan Reskrim unit tipikor Polres Bangka Selatan (Basel), rencananya dalam waktu dekat akan meluncurkan program Asistensi bagi Kepala Desa (Kades) se-kabupaten Bangka Selatan.

Kasatreskrim Polres Basel, Akp Albert Daniel Tampubolon menyebutkan jika kegiatan ini akan melibatkan Inspektorat Daerah (ITDA) Basel dengan, sehingga program asistensi ini dapat memberikan monitoring kepada seluruh kepala desa (Kades) se-Basel untuk pembangunan di setiap desa yang menggunakan uang negara.

Albert menambahkan jika Polres Basel terbuka apabila ada desa yang menginginkan untuk diasistensi, untuk menghindari korupsi desa, dikarenakan ia menganggap jika minimnya SDM di desa dan banyaknya pihak yang bisa mempengaruhi SDM tersebut menjadi satu diantara faktor terjadinya korupsi.

"Jangan sampak karena minimnya SDM sehingga bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum pengusaha tertentu," ujar Albert, Senin (9/9) kepada wartawan.

Ia juga mengatakan jika hal ini pernah dilakukan oleh Polres Belitung Timur (Beltim), sehingga setiap minggu ada beberapa Kades datang ke Polres untuk meminta asistensi, sampai ada beberapa pihak yang tidak mengetahui maksud dan tujuan Kades tersebut menyangka kades tersebut diperiksa pihak kepolisian.

"Malah orang nyangka kades itu kena periksa, padahal kadesnya minta asistensi dari tipikor Polres, dan kadesnya senang, karena bisa dapat banyak ilmu. Dana desa ini kan besar, jadi harus dimanfaatkan untuk pembangunan yang efektif," pungkas Albert.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved