Sehari Kolong Menjelang Menyusut 1 Meter, Diprediski Bertahan Satu Bulan

Kolong Menjelang menjadi salah satu penyuplai air baku di PDAM Tirta Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat.

Sehari Kolong Menjelang Menyusut 1 Meter, Diprediski Bertahan Satu Bulan
bangkapos.com/anthoni ramli
Kolong Menjelang jadi Penyuplai Air PDAM Tirta Sejiran Setason 

Sehari Kolong Menjelang Menyusut 1 Meter, Diprediski Bertahan Satu Bulan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kolong Menjelang menjadi salah satu penyuplai air baku di PDAM Tirta Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat.

Namun memasuki musim kemarau ini, debit air di kolong Menjelang, terus mengalami penyusutan. Bahkan, dalam sehari penyusutan kurang lebih hingga satu meter.

Pelaksana operator pengolahan PDAM tirta Sejiran Setason Menjelang, Bapen Raksandi, menyebut untuk dikawasan Menjelang, ada dua kolong penyuplai air.

Namun, sejak kemarau debit air kolong Menjelang kian menyusut.

"Di Menjelang ini ada dua kolong. Kolong 1 dan 2. Keduanya kini menyuplai ke PDAM pusat Puput. Tiap hari kurang lebih satu meter nyusut nya," ujar Bapen, di Kantor nya, Selasa (10/9/2019)

Prediksi Debit Air Bertahan 1 Bulan Kedepan

Kemampuan debit air Kolong Menjelang, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, menyuplai air ke Masyarakat, diprediski bertahan hingga satu bulan mendatang.

Hal ini dikarenakan debit air kolong Menjelang, musim kemarau ini terus menyusut. Untuk menyiasati hal tersebut, PDAM Tirta Sejiran Setason, menerapkan sistem ganjil genap Serta buka tutup.

"Kalau tidak ada hujan seperti ini, kami prediksi bertahan sampai satu bulan kedepan. Sekarang juga kami sudah menerapkan sistem Ganjil Genap, kalau tidak begini tidak akan cukup," ujar Bapen Raksandi

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved