Banyak Ditemukan Sampah di Sungai, DLH Akan Bersih Sungai di Pangkalpinang

Musim kemarau sejak empat bulan lalu membuat debit air di sungai menyusut, bahkan sampah-sampah di permukaan sungai pun tampak kelihatan.

Banyak Ditemukan Sampah di Sungai, DLH Akan Bersih Sungai di Pangkalpinang
Bangkapos/Nordin
Warga memanfaatkan alur sungai rangkui untuk menangkap ikan 

Banyak Ditemukan Sampah di Sungai, DLH Akan Bersih Sungai di Pangkalpinang

BANGKAPOS.COM - Musim kemarau sejak empat bulan lalu membuat debit air di sungai menyusut, bahkan sampah-sampah di permukaan sungai pun tampak kelihatan.

Menyikapi permasalahan ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang akan melakukan bersih-bersih sampah di sungai, yang dimulai dari aliran sungai Pedindang, kemudian sungai Rangkui, Jumat mendatang.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Endang Supriyadi, mengatakan, bersih-bersih sungai akan melibatkan seluruh OPD di Pangkalpinang.

Minggu ini fokus pada bersih sungai Pedindang, selanjutnya sungai-sungai lain yang mungkin direkomendasikan warga dan melalui verifikasi untuk mengatur jadwal pembersihannya.

"Sesuai arahan wali kota untuk menjaga kebersihan sungai, kita akan laksanakan dan koordinasi dengan beberapa instansi terkait karena masalah sungai ada beberapa instansi yang menangani. Kita fokus pada kebersihan," ujar Endang, didampingi Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningakatan Kapasitas, Yosi Saria.

Endang menyebut, kedepan akan membentuk satgas edukasi yang memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kebersihan dan kepedulian lingkungan.

Ditambahkan Yosi, permasalahan sampah harus menjadi kesadaran semua pihak untuk mengatasinya. Kalau dilimpahkan pada petugas kebersihan saja, permasalahan sampah tentu akan kembali seperti semula. Namun dengan adanya kesadaran masyarakat dan edukasi dapat memberikan pemahaman mengenak kepedulian terhadap permasalahan sampah dan lingkungan.

"Lebih pada kesadaran masyarakat, kalau bersih-bersih terus tidak akan ada habisnya. Bagaimana kita menumbuhkan kesadaran dan lebih pada edukasi yang ditingkatkan," sebut Yosi.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved