Berita Bangka Selatan

Disdukcapil Bangka Selatan Telah Terbitkan 3.555 KIA

Menurut Benny kesadaran orang tua untuk mengurus KIA anaknya masih sangat rendah, sehingga pihaknya harus turun ke lapangan untuk mendata langsung.

Disdukcapil Bangka Selatan Telah Terbitkan 3.555 KIA
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bangka Selatan (Basel) Benny Supratama. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bangka Selatan (Basel) Benny Supratama mengatakan jika hingga 10 September kemarin 2019, Disdukcapil sudah menerbitkan sebanyak 3.555 Kartu Identitas Anak (KIA).

Untuk saat ini jumlah KIA yang tercatat ada sebanyak 5.562 sehingga sisa KIA yang belum terbit sebanyak 2.007 lagi, hal ini terjadi lantaran keterbatasan alat cetak yang hanya berjumlah 1 unit, dan hanya bisa mencetak maksimal 30 KIA per hari.

Namun pada APBD perubahan, pihaknya akan melaksanakan pengadaan alat cetak perlengkapan, seperti komputer dan alat keperluan pencetakan lainnya, dengan pagu anggaran sekitar Rp 30 juta.

"Kita terkendala di alat pencetakan yang hanya berjumlah 1 unit, tapi di APBD perubahan kita sudah melaksanakan pengadaan," ujar Benny, Rabu (11/9) diruang kerjanya.

Kendala selanjutnya adalah, menurut Benny kesadaran orang tua untuk mengurus KIA anaknya masih sangat rendah, sehingga pihaknya harus turun ke lapangan untuk mendata langsung.

Hal ini sebagai upaya Disdukcapil Basel untuk mencapai target jika anak dari umur 0 hingga 17 tahun sudah harus mengantungi KIA sebagai pengganti KTP.

"Harus turun ke lapangan jika program ini ingin dituntaskan, ga bisa menunggu,' tegas Benny.

Sedangkan untuk ketersediaan blanko, Benny memastikan jika persediaan blanko KIA saat ini dipastikan aman. Dalam artian tidak ada kendala apa pun dalam ketersediaan blanko.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved