Berita Bangka Selatan

Harga Ekspor Rp 3 Juta per Kilogram, Pemdes Rias Canangkan Program Tanam Vanili

Program tanam vanili untuk masyarakatnya dalam skala kelompok tani, perangkat desa, dan dalam skala perumahan.

Harga Ekspor Rp 3 Juta per Kilogram, Pemdes Rias Canangkan Program Tanam Vanili
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Desa Rias, Gani Saprin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Gani Saprin rencananya akan mencanangkan program tanam vanili untuk masyarakatnya dalam skala kelompok tani, perangkat desa, dan dalam skala perumahan.

Gani mengatakan jika program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, ia menambahkan jika selain bertani padi, sawit, dan sayuran. Vanili merupakan tanaman yang cocok untuk dikelola dalam skala rumahan, dikarenakan tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa menggunakan media pot.

"Vanili ini cocok untuk ditanam dalam skala rumahan, karena bisa menggunakan perkarangan rumah dengan media pot," ujar Gani, belum lama ini.

Untuk saat ini program tersebut masih dalam proses penganggaran pembibitan vanili ke Dewan Vanili Nasional (Devina) Bangka Belitung, dan rencananya akan dianggarkan ribuan batang dari Devina Babel.

Ia mengatakan jika dalam pencanangan tanam vanili ini sudah ada penampung yang siap membeli vanili dari warganya, dan harganya pun cukup menggiurkan, sekitar Rp 3 juta per kilogram untuk vanili yang siap ekspor.

"Sudah ada pembeli langsung yang siap untuk ekspor, harganya dikisaran Rp 3 juta per kilogramnya," pungkasnya.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved