Jaga Terus Kekompakan Masyarakat Tamansari

Ratusan warga Kecamatan Tamansari, Pangkalpinang, ikut memeriahkan jalan sehat yang diadakan pihak kecamatan setempat

Jaga Terus Kekompakan Masyarakat Tamansari - kecamatan-taman-sari.jpg
bangkapos/ira kurniati
Kecamatan Taman Sari
Jaga Terus Kekompakan Masyarakat Tamansari - masyarakat-tamansari.jpg
bangkapos/ira kurniati
Kekompakan Masyarakat Tamansari

Ratusan warga Kecamatan Tamansari, Pangkalpinang, ikut memeriahkan jalan sehat yang pihak kecamatan setempat, Minggu (8/9/2019). Jalan sehat ini masih berkaitan dengan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Tidak hanya jalan santai, acara ini juga dipenuhi dengan berbagai doorprize untuk diundi kepada warga yang beruntung.

Acara yang berlangsung di depan kantor camat Tamansari ke Jalan Usman Ambon, dihadiri oleh wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen).

"ini kegiatan yang sangat positif. Bagus dan bermanfaat sekali untuk kesehatan, sekaligus itu masih dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia," ujar Molen.

Molen mengajak serta masyarakat untuk aktif dalam kegiatan kebugaran atau olahraga yang diusung Kelurahan atau Kecamatan, demi menjaga kesehatan masyarakat dan turut menyukseskan gerakan masyarakat sehat khususnya di Pangkalpinang.

Sementara, camat Tamansari, Raenal Hafizh, menuturkan, selain mencapai jiwa sehat dan tubuh bugar, jalan sehat ini diadakan untuk mempererat persaudaraan dan partisipasi masyarakat Kecamatan Tamansari. Mengingat momen kemerdekaan masih terasa, kegiatan ini sekaligus memupuk nasionalisme dengan cara memeriahkan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia.

"alhamdillah masyarakat nya antusias untuk ikut setiap ada kegiatan kecamatan. Kami juga sering mengadakan gotong royong dan partisipasi masyarakat baik," ujarnya.

Dia berharap kekompakan dan partisipasi masyarakat inu tetap terpupuk dan meningkat setiap kali kegiatan yang diusung pihak kelurahan maupun kecamatan.

Tak hanya itu, peringatan 10 Muharram pun diadakan secara semarak di Gang Wijaya Kusuma, Kelurahan Rawabangun, Kecamatan Tamansari, Selasa (10/9/2019). Adat masyarakat Bangka setiap kegiatan keislaman yakni nganggung diselenggarakan di sepanjang gang tersebut. Dulang atau tudung saji dominan warna merah itu berjejer rapi dengan satu maskot dulang besar di tengah-tengah nya.

Acara 10 Muharram ini dihadiri wakil wali kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian bersama rombongan. Sopian mengapresiasi masyarakat maupun panitia yang menggelar acara ini. Dia menilai, nganggung 10 Muharram dijadikan sebagai wadah menjalin silaturahmi dan memupuk persaudaraan umat muslim, sekaligus mengingat makna 10 muharram itu.

"kami berharap kekompakan ini tetap terjaga, karena di gang wijaya kusuma ini sudah kali kedua digelar peringatan 10 Muharram. Maka itu harus kita jaga," ujar Sopian.

Dia berharap kegiatan yang sudah berlangsung dua tahun terakhir ini dapat menjadi keseriusan dan partisipasi masyarakat melakukan kegiatan keislaman dan menjadikan negeri ini Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Sekretaris camat Tamansari, Richard Syam, mengatakan, acara ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang dinisiasikan oleh warga setempat. Selama dua tahun berturut-turut ini warga saling bantu dan aktif dalam menyiapkan segala keperluan perayaan 10 muharram. Richard menyebut, persiapan sudah dilakukan warga sekitar dua bulan belakangan. Warga pun menyelenggarakan acara ini dengan sumbangan-sumbangan serta dana dari pihak terkait atau sponsor.

"memang ini menjadi agenda tahunan di sini dan kami berharap ini juga dapat menjadi agenda pemerintah kota Pangkalpinang saat 10 muharram ingat kalau yang merayakan di Pangkalpinang ini Gang Wijaya Kusuma," ujar Richard.

Dia menuturkan, tujuan peringatan 10 muharram tak lain ingin membangun ketaqwaan umat muslim. Selain itu sebagai wadah silaturahmi, mempererat kekompakan dan menjalin partisipasi masyarakat melalui kegiatan ini. Richard berharap peringatan 10 Muharram tidak terbatas di gang ini saja, tetapi minimal ada di seluruh Kelurahan Rawabangun serta dapat mengundang semua warga yang ada. (adv/q6/may)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved