Berita Pangkalpinang

Pemprov Harap Adanya Dukungan Keseriusan Pemkot untuk Penataan Wajah Ibu Kota

Noviar Ishak mengatakan, penataan kawasan Simpangempat Semabung adalah bentuk kolaborasi keinginan Gubernur Babel Erzaldi Rosman dengan Pemkot

Pemprov Harap Adanya Dukungan Keseriusan Pemkot untuk Penataan Wajah Ibu Kota
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak 

BANGKAPOS.COM - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepulauan Bangka Belitung Noviar Ishak mengatakan, penataan kawasan Simpangempat Semabung adalah bentuk kolaborasi keinginan Gubernur Babel Erzaldi Rosman dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk menata wajah ibu kota.

Ini ia sampaikan saat ditanyai mengenai perkembangan penataan kawasan Simpangempat Semabung yang ingin dijadikan Gubernur Babel sebagai simbol kerukunan etnis melayu dan Tionghoa di Babel karena adanya kelenteng dan masjid yang lokasinya berdekatan.

Noviar mengatakan, pihaknya berharap, keinginan Gubernur mengenai perlunya pembenahan kesemewarutan ibu kota saat ini didukung dengan keseriusan Pemkot Pangkalpinang.

"Kami coba menata pelan-pelan kawasan ini. Termasuk upaya kami agar menata jembatan di dalam kota di beberapa ruas jalan. Ini kerja keroyokan, APBN, provinsi dan Pemkot," kata Noviar, Rabu (11/9/2019).

Noviar mengatakan, PUPR Babel telah menganggarkan khusus untuk penataan pedestrian. Satu di antaranya seperti terlihat pada penataan Simpangempat Semabung.

Untuk pembuatan vertical gargen di sana misalnya, PUPR Babel akan menyiapkan rangka dudukan dan potnya. Tugas Pemkot adalah memastikan adanya tanaman dan pemeliharannya agar ke depannya taman kota tersebut tidak terlantar dan rusak.

"Mereka yang harus pelihara pedestrian itu secara rutin. Ini bentuk stimulan kami. Mudah-mudahan Pemkot bisa support penataannya. Dijaga baik-baik. Saya pikir Wali Kota- nya sekarang sudah intens memantau penataan kota ini setiap Jumat," katanya.

Selain vertical garden dan lukisan dinding, Pemprov ke depan juga akan membangun menara di masjid yang ada dekat taman Simpangempat Semabung.

Kawasan di depan Kelenteng Semabung juga akan ditata agar tampak indah dan teratur. Tiang-tiang di sana akan dialihakn dan termasuk arus lalu lintas menuju Jalan Koba jika dari Semabung akan dialihkan lewat jalan lain.

Rencana akan dilakukan secara bertahap. "Ke depan kami berencana membuka jalan di belakang kelenteng itu. Dan ini menunggu support pemkot dengan upaya pembebasan lahan di sana," ujarnya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved