WIKI BANGKA

6 Tips Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Ini ada 6 tips merawat gigi agar tetap sehat menurut drg. Eko Susanto di Klinik Cortex Dental.

6 Tips Merawat Gigi Agar Tetap Sehat
Kabarmaya.co.id
Cara menghilangkan karang gigi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gigi yang sehat akan membuat Anda merasa percaya diri saat tersenyum, dan terhindar dari kerusakan gigi.

Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah, daripada mengobati. Jadi sebelum gigi Anda rusak, akan lebih baik Anda merawat gigi dengan rutin.

Ini ada 6 tips merawat gigi agar tetap sehat menurut drg. Eko Susanto di Klinik Cortex Dental.

1. Rutin menggosok gigi
Jika Anda malas menggosok gigi, ini dapat menyebabkan sisa-sisa makanan melengket pada gigi. Sehingga akan menimbulkan karang gigi. Anda dianjurkan menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Ketika pagi, dan malam sebelum tidur. Apabila Anda tidak menggosok gigi sebelum tidur itu akan membuat kerusakan gigi yang cukup besar sebab Anda menyimpan kotoran saat tidur, dan bakteri berkembangbiak.

2. Teknik menggosok gigi
Anda mungkin biasanya menggosok gigi kearah kiri, dan kanan. Hal itu kurang baik sebenarnya, menggosok gigi dianjurkan dengan mengarah ke atas, dan bawah atau sebaliknya. Serta juga Anda bisa menggosok dengan teknik memutar, dan jangan terlalu keras karena dapat mengakibatkan gusi berdarah.

3. Pilihlah pasta gigi yang tepat
Anda perlu memperhatikan pasta gigi yang Anda gunakan. Banyak sekali pasta gigi yang beredar di pasaran, sebaiknya Anda gunakan pasta gigi yang mengandung Fluorine yang dapat menguatkan gigi, dan memutihkan gigi.

4. Jangan menggosok gigi setelah makan
Anda tidak dianjurkan menggosok gigi setelah makan, sebab setelah makan pH mulut asam. Kandungan asam ini dapat melunakan jaringan gigi, saat Anda sikat akan menipiskan jaringan gigi. Sebaiknya Anda setelah makan kemudian minum tunggu sampai pH netral kisaran 30 menit atau lebih baru Anda menggosok gigi.

5. Kontrol dengan dokter gigi
Anda juga perlu melakukan kontrol dengan dokter gigi, seperti membersihkan karang gigi Anda. Karang gigi tidak bisa hanya diatasi dengan menggosok gigi. Kontrol bisa dilakukan 6 bulan sekali.

6. Penggunaan obat kumur dibatasi
Anda tidak perlu menggunakan obat kumur setiap hari, sebab bakteri dimulut memang akan mati. Tetapi malah jamur yang hidup, dan penyakit mulut juga banyak disebabkan oleh jamur. Sebaiknya menggunakan obat kumur 3 kali seminggu, atau ketika Anda mengalami peradangan diarea mulut saja.

Itulah, tips merawat gigi agar tetap sehat, dan cukup mudah untuk Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved