Cucu Habibie, Mochammad Rafid Ingat Pesan Terakhir Kakeknya, Bebas Jadi Apapun Asal Jangan Lupa Ini

Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia, pada Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto

Cucu Habibie, Mochammad Rafid Ingat Pesan Terakhir Kakeknya, Bebas Jadi Apapun Asal Jangan Lupa Ini
Kompas.com
Mochammad Rafid Habibie dkk tengah menjalani seleksi Timnas Indonesia U-18 di Cijantung, Jumat (7/4/2017). 

BANGKAPOS.COM - Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia, pada Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

BJ Habibie meninggal dunia setelah mendapat perawatan secara intensif sejak Minggu (1/9/2019).

Satu cucu Habibie, yakni Mochammad Rafid Habibie mengungkapkan doa dalam Instagram storynya, @rafidhabibie.

Dirinya mengunggah foto ketika berada di dalam mobil dan menuliskan,  "La Hawla Wala Quwwata illa billah" atau yang berarti meminta pertolongan kepada Allah.

 

Satu cucu Habibie, yakni Mochammad Rafid Habibie mengungkapkan doa dalam Instagram storynya, @rafidhabibie.
Satu cucu Habibie, yakni Mochammad Rafid Habibie mengungkapkan doa dalam Instagram storynya, @rafidhabibie (kiri). (Capture Instagram @rafidhabibie)

Diketahui, Mochammad Rafid merupakan cucu BJ Habibie yang berkarier sebagai pemain sepak bola.

Bahkan, Mochammad Rafid pernah. mendapat pesan langsung dari BJ Habibie untuk tak melupakan pendidikan di samping kesibukannya bermain bola

Pesan tersebut disampaikan BJ Habibie saat Mochammad Rafid Habibie dipanggil untuk mengikutip seleksi Timnas U-19 Indonesia pada April 2017 lalu.

"Beliau (BJ Habibie) berpesan saya boleh menjadi apapun. Namun, saya harus lanjutin tradisi keluarga yaitu jangan melupakan pendidikan," ucap Rafid kepada Kompas.com, seperti dikutip TribunWow.com dari Bolasport, Rabu (11/9/2019).

Tak hanya itu, ayah Rafid, Rully Habibie yang merupakan keponakan dari BJ Habibie juga mengatakan bahwa sang mantan presiden menyebut sepak bola dan insinyur memiliki kesamaan.

Menurut BJ Habibie, sepak bola dan insinyur sama-sama harus membuat keputusan tepat dalam waktu yang cepat.

"Kesamaan antara sepak bola dan engineering adalah membuat keputusan tepat dalam waktu yang cepat. Hal itu yang disampaikan pak Habibie," kata Rully.

 

Rafid Habibie
Rafid Habibie (Instagram @rafidhabibie)

Sementara itu, Rafid Habibie diperkirakan langsung bergabung bersama keluarga lain menuju ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo sekaligus keponakan Habibie, Rusli Habibie, mengatakan bahwa keluarga besar Habibie sudah berkumpul.

"Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," ujar Rusli, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto.

"Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo itu.

 

Presiden Ke 3 RI BJ Habibie hadir pada konferensi pers rencana produksi film Habibie & Ainun 3, di Jakarta, Kamis (4/4/2019). Film Habibie & Ainun 3 tersebut akan mengisahkan tentang masa muda Hasri Ainun Besari, yang akan diperankan oleh Maudy Ayunda. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Ke 3 RI BJ Habibie hadir pada konferensi pers rencana produksi film Habibie & Ainun 3, di Jakarta, Kamis (4/4/2019). Film Habibie & Ainun 3 tersebut akan mengisahkan tentang masa muda Hasri Ainun Besari, yang akan diperankan oleh Maudy Ayunda. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Bendera Setengah Tiang untuk Hormati Mendiang BJ Habibie

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak seluruh masyarakat Indonesia serta seluruh kementerian dan lembaga untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Dilansir TribunWow.com dari Kompas.com, pengibaran bendera setengah tiang tersebut sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie pada Rabu (11/9/2019).

"Kami ajak masyarakat untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019," ujar Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu malam.

"Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama 3 hari sampai 14 September," lanjut Pratikno.

Selain itu pihak sekertariat negara juga sudah mengirim surat kepada kementerian lembaga dan kepala daerah untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Dalam surat tersebut, tertulis pengibaran bendera setangah tiang dilakukan sebagai bentuk penghormatan setinggi-tingginya untuk BJ Habibie.

Halaman
123
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved