Berita Bangka Selatan

Gatot Wibowo Optimis Bangka Selatan Kembali Raih Adipura

Gatot optimis akan kembali mempertahankan Piala Adipura yang dua tahun belakangan ini selalu disabet oleh Kabupaten Bangka Selatan

Gatot Wibowo Optimis Bangka Selatan Kembali Raih Adipura
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Gatot Wibowo. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Gatot Wibowo mengatakan jika saat ini tema besar Adipura adalah "Adipura 2025".

Hal ini bermaksud di tahun 2025 seluruh permasalahan sampah di Indonesia sudah tertangani 100 persen, dengan rincian 30 persen pengurangan, 70 persen dengan pengolahan.

"Artinya kalau pengolahan bisa dengan cara menambah Pusat Daur Ulang (PDU), bank sampah, Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reus Recycle (TPS3R), Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Kalau contoh pengurangan bisa dengan cara pengurangan penggunaan plastik satu kali pakai dengan cara memakai tumbler untuk air minum," ujar Gatot, Rabu (11/9) kepada Bangkapos.com

Ia menambahkan jika saat ini kategori dari Adipura tidak seperti dulu yang memiliki kategori metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Namun saat ini menggunakan sistem level dan level tersebut akan ditentukan pada saat tim penilai melakukan verifikasi.

Dan hal ini sesuai dengan Kebijakan Strategi Daerah (Jastrada), yang harus disampaikan ke pusat dan dari 480 kabupaten lebih di Indonesia, sampai saat ini baru 360 kabupaten yang menyampaikan Jastrada, dan Basel sudah menyampaikan melalui pergub nomor 51 tahun 2018 dan yang menyampaikan ada kemungkinan dinilai oleh tim penilai Adipura.

Namun hingga saat ini belum diketahui pasti kapan verifikasi tersebut akan dilakukan, dikarenakan masih terjadi silang pendapat dikarenakan tak lama lagi akan dilakukan pelantikan presiden, sehingga ada kemungkinan ada kebijakan yang akan berubah di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Gatot mengatakan meskipun banyak terjadi perubahan dari segi penilaian, ia tetap optimis akan kembali mempertahankan piala Adipura tersebut, yang dua tahun belakangan ini selalu disabet oleh Kabupaten Basel.

Upaya Pemkab Basel Pertahankan Adipura

Upaya yang dilakukan DPKLH dalam mempertahankan Piala Adipura beberapa di antaranya  memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa Adipura ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

Kemudian ia juga mengatakan jika sosialisasi di beberapa tempat akan terus dilakukan, untuk pengelolaan lingkungan dan termasuk cara pengurangan sampah.

Serta dengan terus berkoordinasi dengan Pusat Pembangunan Pengembangan Eco Region Sumatera yang berada di Pekanbaru,

"Jadi Bangka Belitung sama Sumatera itu perpanjangan tangan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," ujar Gatot, Rabu (11/9/2019). 

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved