Hindari Kekerasan, Dindik Bateng Upayakan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat

Guna mengatasi maraknya kekerasan dalam dunia pendidikan di Bangka Tengah (Bateng), Dinas Pendidikan Bateng akan lakukan

Hindari Kekerasan, Dindik Bateng Upayakan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar 

Hindari Kekerasan, Dindik Bateng Upayakan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat

BANGKAPOS.COM - Guna mengatasi maraknya kekerasan dalam dunia pendidikan di Bangka Tengah (Bateng), Dinas Pendidikan Bateng akan lakukan perencanaan penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat.

Ketika ditemui di ruang kerjanya pada Kamis, (12/9/2019) Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar menyatakan perencanaan ini diharapkan agar kepekaan terhadap dunia pendidikan tidak hanya untuk siswa ataupun guru, namun juga masyarakat.

Tak hanya itu, maraknya terjadi kesalahpahaman sehingga menyebabkan sebuah peristiwa di dalam sekolah atau dunia pendidikan dikarenakan beberapa aspek seperti misalnya pendidikan karakter anak peserta didik yang dianggap masih kurang maksimal, kondisi lingkungan yang menyebabkan peserta didik alami kondisi yang mudah berubah-ubah.

"Penguatan pendidikan karakter ini kami harap agar nantinya tingkat religiusitas, nasionalisme dan keaktifan anak peserta didik tidak hanya terjadi di sekolah, namun juga di lingkungan sekitar tenpat tinggal," ujar Iskandar.

Alasannya disebutkan Iskandar adalah karena jika semua aspek dapat terpenuhi maka anak-anak akan mampu secara mandiri menjadi anak-anak yang berprestasi baik di dalam ataupun luar sekolah, apalagi didukung oleh keterlibatan masyarakat di sebuah lingkungan sehingga karakter akan terbentuk dengan baik.

"Apabila karakter anak didik dan masyarakat Bangka Tengah kuat maka kekerasan dalam dunia pendidikan baik antara siswa dan guru, guru dan orangtua dan sebagainya tidak akan terjadi.

Tak hanya itu, ketika orangtua siswa telah berkarakter baik, maka tidak akan mungkin ujuk-ujuk berang ke sekolah ketika ada sedikit masalah yang terjadi pada anaknya dan langsung melakukan kekerasan terhadap guru.

Demikian juga dengan siswa, Iskandar menyebutkan jika anak-anak peserta didik sudah punya karakter yang baik maka kenakalan-kenakalan tidak akan terjadi.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved