Putusan Kasasi Kades Belo Laut Divonis 5 Tahun dan Kembalikan Kerugian Negara Rp 970.901.551

Dalam putusan Kasasinya, Mahkamah Agung (MA) juga mengadili sendiri kasus korupsi dana CSR yang menjerat, Kades Belo Laut Amrin Saimi

Putusan Kasasi Kades Belo Laut Divonis 5 Tahun dan Kembalikan Kerugian Negara Rp 970.901.551
Bangka Pos / Anthoni Ramli
Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat Helena Oktavianne, melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Agung, didampingi Kasi intel Mario saat menggelar konfrensi Pers 

Putusan Kasasi Kades Belo Laut Divonis 5 Tahun dan Kembalikan Kerugian Negara Rp 970.901.551

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam putusan Kasasinya, Mahkamah Agung (MA) juga mengadili sendiri kasus korupsi dana CSR yang menjerat, Kades Belo Laut Amrin Saimi (52).

Dimana dalam putusan sendiri nya tersebut, Majelis MA, menyatakan terdakwa Amrin Saimi, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melalukan tindak pidana korupsi.

Menjatuhkan pidana terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 5 tahun dan pidana denda sebesar Rp 200.000.000 dengan ketentuan jika denda tersebut tidak dibayar maka di ganti dengan pidana penjara kurungan selama 6 bulan.

Sementara di tingkat 1 Pengadilan Negeri Tipikor Pangkalpinang, mantan Kades Belo laut tersebut di vonis Satu Tahun Enam Bulan pidana penjara.

Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkang seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Menetapkan barang bukti berupa surat sutat dan uang tunai sebesar Rp 108.000.000 serta membebankan kepada terdakwa biaya perkara pada tingkat kasasi sebesar Rp 2.500 (dua ribu lima ratus rupiah)

"Menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti sebesar Rp 970.901.551. Jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut," ujar Kasi Pidsus Kejari Babar Agung, memaparkan petikan putusan MA, Kamis (12/9/2019)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved