Berita Pangkalpinang

Sosok BJ Habibie Semasa Pemerintahannya Membawa Kerangka Demokratisasi Bagi Orang Bangka

Bapak teknologi ini pun sempat membekas dalam benak dan ingatan Sejarawan Bangka belitung, Akhmad Elvian.

Sosok BJ Habibie Semasa Pemerintahannya Membawa Kerangka Demokratisasi Bagi Orang Bangka
bangkapos.com/Ira Kurniati
Sejarawan dan Budayawan Bangka belitung, Akhmad Elvian 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Meninggalnya presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie membawa duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Bapak teknologi ini pun sempat membekas dalam benak dan ingatan Sejarawan Bangka belitung, Akhmad Elvian.

Meski dalam waktu yang relatif singkat selama 512 hari, Habibie menjabat sebagai presiden ketiga Republik Indonesia, Elvian menyebut ia telah melakukan reformasi di bidang Ekonomi, Politik, HAM, dan Birokrasi.

"Waktu pemerintahan yang singkat telah membawa semua kebijakannya dilakukan dalam kerangka demokratisasi yang bagi orang Bangka sangat penting," ujar Elvian saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (12/9/2019).

Kerangka demokratisasi yang dimaksud karena membuka ruang bagi orang Tionghoa Bangka dapat berperan dalam segala aspek kehidupan berbangsa termasuk dibidang politik dan pemerintahan yang selama ini seolah tertutup.

BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnyansetelah dirawat intensif di RSPAD Jakarta Pusat, Rabu (11/9) sekitar pukul 18.06 WIB dan dikebumikan hari ini di taman makan pahlawan, bersebelahan langsung dengan liang lahat mendiang istrinya, Ibu Ainun.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved