WIKI BANGKA

Waspadai 7 Hal Ini Penyebab Kerusakan Gigi

Apabila Anda mengalami kerusakan seperti gigi berlubang, karies gigi, bahkan karang gigi yang banyak. Hal itu bisa menjadi permasalah

Waspadai 7 Hal Ini Penyebab Kerusakan Gigi
Istimewa/brosur klinik Cortex Denta
Ilustrasi Gigi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gigi sangat berperan aktif dalam aktivitas kita sehari-hari. Fungsi gigi sendiri untuk mengunyah makanan agar mudah dicerna.

Apabila Anda mengalami kerusakan seperti gigi berlubang, karies gigi, bahkan karang gigi yang banyak. Hal itu bisa menjadi permasalah yang akan membuat anda resah.

Hindari 7 hal ini yang dapat menyebabkan kerusakan gigi menurut drg. Eko Susanto di Klinik Cortex. Kamis, (12/9/2019).

1. Jarang gosok gigi
Apabila Anda jarang gosok gigi, sisa makanan akan menempel menimbulkan flak, sehingga flak ini dapat menyebabkan karang gigi. Ketika karang gigi Anda banyak hal ini dapat memicu tumbuhnya bakteri yang akan merusak gigi.

2. Kondisi air pH asam
Air biasanya digunakan untuk gosok gigi, akan tetapi kondisi air di Kepulauan Bangka Belitung tergolong asam, sehingga ini juga dapat memicu kerusakan gigi, kalsium gigi akan lepas, dan gigi terlihat lebih kuning.

3. Makanan yang asam
Jika Anda suka mengkonsumsi makanan jenis asam meliputi cuka, jeruk, lemon rusip, dan lainnya. Hal itu kurang baik sebab kandungan pH asam ini dapat mengikis lapisan terluar gigi, dan meningkatkan kerusakan gigi.

4. Makanan mengandung gula
Anda harus mewaspadai makanan yang memiliki kadar gula tinggi, seperti permen, manisan, cokelat, dan kue manis lainnya. Sebab makanan yang mengandung gula ini akan menempel digigi, gula sangat disukai oleh bakteri dimulut. Sehingga bakteri tersebut mencerna gula, dan mengeluarkan asam yang merusak gigi.

5. Merokok
Kondisi gigi perokok biasanya berwarna kuning, sebab rokok mengandung tembakau yang dapat meningkatkan penumpukan flak, dan karang gigi.

6. Minuman dingin
Anda pasti sudah mengetahui minuman dingin tidak terlalu baik untuk gigi, apalagi kebiasaan mengunyah batu es dapat merusak enamel gigi, dan berisiko retak atau patah.

7.Minuman soda
Anda perlu menghindari minuman soda terlalu sering, sebab minuman ini mengandung asam, gula dan karbonasi yang dapat mempercepat pertumbuhan bakteri, sehingga gigi pun menjadi rusak, berlubang, dan timbul noda.

Nah itu lah, 7 hal yang perlu Anda hindari agar tidak merusak gigi Anda. Semoga bermanfaat.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved