Berita Pangkalpinang

200 Ribu Hutan di Babel Kritis, Gubernur Erzaldi Berdoa Tuhan Sadarkan Penambang Ilegal

Data Dinas Kehutanan 2018 menyebutkan 200 ribu hektare (ha) kawasan hutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam kondisi kritis

200 Ribu Hutan di Babel Kritis, Gubernur Erzaldi Berdoa Tuhan Sadarkan Penambang Ilegal
bangkapos.com / DEDY Q
Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo saat diwawancarai awak media di Gale-gale Restaurant, Jumat (13/9/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Data Dinas Kehutanan Bangka Belitung 2018 menyebutkan 200 ribu hektare (ha) kawasan hutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam kondisi kritis. Luasan ini mencapai 1/3 dari 600 ribu ha total kawasan hutan di Babel.

Ironisnya, upaya perbaikan kawasan hutan (revegetasi) yang dilakukan setiap tahunnya belum ideal jika dibandingkan dengan luas kerusakan hutan yang masif tersebut.

.

Hal ini terungkap pada acara workshop pengendalian kerusakan perairan darat dengan mengundang berbagai pihak terkait seperti Bappenas, Kemenko Ekonomi, BPSDA, dan instansi terkait lainnya yang digelar Direktorat Jendral BPDAS HL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Swissbel Hotel, Pangkalpinang, Kamis (12/9/2019) kemarin.

Huttan kritis di Babel mayoritas disebabkan oleh praktik tambang ilegal dan illegal logging. Dinilai perlu ada upaya luar biasa untuk memperbaiki sekaligus menghentikan masifnya kerusakan hutan ini agar tak menjadi malapetaka bagi Babel dan generasi mendatang.

Menanggapi ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengakui kompleksitas penertiban tambang ilegal.

Dia mengatakan, bukan wewenangnya untuk menjawab pertanyaan terkait keseriusan upaya penertiban ini.

Ia juga tak habis pikir penertiban sudah berulang kali dilakukan tetapi berulang kali pula tambang ilegal beroperasi. Mantan Bupati Bangka Tengah itu berdoa agar Tuhan yang bisa menyadarkan para penambang ilegal.

"Ditertibkan pagi, dia kerja malam. Ditertibkan malam, dia kerja pagi. Mesinnya dibakar, masih juga beroperasi. Berarti ada apa dan siapa ini. Bagusnya, didoakan agar sadar saja, insyaallah. Tuhan bisa beri mereka kesadaran," katanya.

Pemerintah sudah mengambil langkah untuk memperbaiki hutan kritis di Babel. Kata Erzaldi, jajarannya tengah menunggu hasil konsultan dari Jerman untuk pengendalian kawasan eks-tambang.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved