JKPI Dukung Muntok Jadi Kota Pusaka Kebangsaan

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)

JKPI Dukung Muntok Jadi Kota Pusaka Kebangsaan
Ist
Direktur Eksekutif JKPI Pusat Nanang Asfarinal (kiri) menerima cinderamata dari Bupati Markus SH didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Suwito. 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Pesanggerahan Menumbing, Kamis (12/9).

Seminar ini bertajuk 'peningkatan kapasitas pariwisata dan budaya daerah guna meningkatkan harmoni kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan'.

Turut hadir dalam seminar Bupati Bangka Barat, Markus SH, Direktur Eksekutif JKPI Pusat, Nanang Asfarinal, Founder Festival Payung Heru Mataya, para pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Bupati Markus dalam sambutannya mengapresiasi seminar ini sekaligus menyebutnya sebagai salah satu langkah Pemkab Bangka Barat, untuk semakin memperkenalkan sekaligus menggaungkan Menumbing agar lebih dikenal luas di Indonesia.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, nama besar Pesanggerahan Menumbing sebagai salah satu tempat pengasingan Presiden RI pertama Ir. Soekarno bersama para tokoh bangsa lainnya memang sudah dikenal.

"Dengan seminar ini kita saling berdiskusi, tentang bagaimana usaha bersama kita untuk menjaga dan melestarikan kota pusaka ini. Terutama aset wisata sejarah Menumbing ini bagaimana kita menaikan levelnya, kemasannya dengan harapan agar eksistensi Menumbing yang sekarang sudah dikenal di tingkat nasional, ke depan lebih dikenal lagi tentu harus dengan menggelar event besar sehingga orang semakin mengenal Muntok sebagai kota pusaka," kata Bupati Markus.

Kota Muntok di Kabupaten Bangka Barat memang sudah teregister dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang anggotanya terdiri dari 50 kabupaten/kota di Indonesia, sebagai jaringan yang memperkuat pelestarian nilai-nilai budaya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Muntok ditetapkan sebagai Kota Pusaka Indonesia pada pertengahan 2013 lalu. Selain Kota Muntok, Kota Pangkalpinang juga terdaftar sebagai Kota Pusaka Indonesia (KPI).

Direktur Eksekutif JKPI Pusat, Nanang Asfarinal, menjelaskan, supaya gaung aset wisata sejarah Menumbing semakin terdengar, pemerintah harus duduk bersama masyarakat melalui komunitas dan para pelaku pariwisata maupun pelaku sejarah, untuk menyamakan persepsi dalam sebuah konsep besar yang harus digaungkan.

"Secara spesifik, Muntok bisa jadi kota pusaka kebangsaan karena ada nilai histori yang kuat di sini. Ini yang sejatinya dioptimalkan pemerintah daerah untuk menjadikan Muntok sebagai pusat gelaran yang berhubungan dengan kebangsaan. Sebab dari Muntok inilah lahir produk-produk besar bagi kemerdekaan Indonesia. Pemerintah daerah bersama masyarakat harus bekerjasama pemerintah pusat untuk menjadikan Muntok sebagai kota pusaka kebangsaan. Dan JKPI tentu akan sangat mendukung," jelas Nanang.

Markus, SH saat berfoto bersama saat Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Pesanggerahan Menumbing, Kamis (12/9).
Markus, SH saat berfoto bersama saat Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Pesanggerahan Menumbing, Kamis (12/9). (Ist)

Founder Festival Payung Heru Mataya menilai, salah satu cara menggaungkan Kota Muntok dan Menumbing ialah dengan menggelar festival bukan hanya di panggung tapi juga pameran. Selain itu, festival tersebut pun harus mandiri dan berkelanjutan dengan melibatkan komunitas dan seniman.

"Gerakan itu harus dimulai dan disupport pemerintah. Saya usul menggelar festival Kota Pusaka mumpung belum diambil kota lain, Muntok harus mengambil peran pertama untuk mulai dan saya akan support," imbuh Heru.

Heru menyarankan, dalam festival tersebut nantinya diawali pameran foto yang mendeskripsikan keindahan kota. Selain itu, dibutuhkan perencanaan matang, promosi yang baik dan berkelanjutan.

"Kota Muntok yang sangat bersejarah ini hanya butuh sebuah festival yang bagus dan luar biasa serta terencana, dan Pesanggerahan Menumbing bisa jadi ikon," pungkasnya mantap. (Humas Pemkab Bangka Barat)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved