Berita Pangkalpinang

Prakiraan BMKG, Bangka Belitung Bakal Alami Hari Tanpa Hujan Selama Sebulan

Wilayah Bangka belitung akan mengalami HTH (hari tanpa hujan), yang diperkirakan berlangsung selama satu bulan pada 11 September - 11 Oktober mendatan

Prakiraan BMKG, Bangka Belitung Bakal Alami Hari Tanpa Hujan Selama Sebulan
bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala seksi data dan informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --- Wilayah Bangka belitung akan mengalami HTH (hari tanpa hujan), yang diperkirakan berlangsung selama satu bulan pada 11 September - 11 Oktober mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji menyatakan wilayah Babel akan merata mengalami hari tanpa hujan. Sementara untuk prediksi hujan yakni memasuki Oktober akhir hingga minggu ketiga November. Musim kemarau identik dengan terjadinya kekeringan dan kebakaran hutan.

Memasuki puncak musim kemarau, hujan sangat jarang, cakupan air tanah berkurang dan kekurangan air bersih. Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih hemat dalam penggunaan air khususnya rumah tangga.

"Minggu terakhir banyak yang mengeluh kekurangan air, kami sampaikan agar lebih hemat penggunaan air. Tidak bisa berlebihan apalagi foya-foya. Selain itu juga kemarau berdampak pada segi kesehatan, dimana kekeringan identik dengan asap dan debu," ujar Kurniaji, Jumat (13/9/2019).

Kurniaji menyebut, empat hari terakhir terpantau kabut asap cukup tebal di Pangkalpinang maupun Jalan Lintas timur sehingga masyarakat diharapkan dapat menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Pihaknya juga mengimbau agar mengurangi membakar lahan apalagi tanpa adanya pengawasan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

"Perintah pak Gubernur membentuk satgas kekeringan, termasuk BMKG ada di dalam itu. Namun untuk teknis ada pada BPBD. Kami menyampaikan informasi dan data HTH, kekeringan ekstrim dan titik panas di Babel," katanya.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved