Pospeda Tingkat Kota Pangkalpinang Dibuka, Tingkatkan Prestasi Olahraga dan Seni

Pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren (Pospeda), tingkat Kota Pangkalpinang ke VIII resmi dibuka, Sabtu (13/9/2019)

Pospeda Tingkat Kota Pangkalpinang Dibuka, Tingkatkan Prestasi Olahraga dan Seni - pospeda-tingkat-kota-pangkalpinang-resmi-di-buka.jpg
Bangkapos/Nordin
Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka
Pospeda Tingkat Kota Pangkalpinang Dibuka, Tingkatkan Prestasi Olahraga dan Seni - pospeda-tingkat-kota-pangkalpinang-resmi-di-buka-hhdhdh.jpg
Bangkapos/Nordin
Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka

Pospeda Tingkat Kota Pangkalpinang Dibuka, Tingkatkan Prestasi Olahraga dan Seni

BANGKAPOS.COM -- Pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren (Pospeda), tingkat Kota Pangkalpinang ke VIII resmi dibuka, Sabtu (14/9/2019)

Sebanyak 206 siswa dari enam pondok pesantren di Pangkalpinang ikut ambil bagian dalam ajang tahunan ini, yakni pondok pesantren Darussalam, 47 peserta, Hidayatussalikin 25 peserta, Manbaul 'ulum 19 peserta, Bumi Damai Assyfa 10 peserta, Darul Fatah 3 peserta dan Nurul Hidayah 3 peserta.

Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka
Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka (Bangkapos/Nordin)

Adapun cabang olahraga yang dilombakan yakni, atletik, volly, pencak silat, futsal, senam santri, seni kaligrafi, lukis Islam, kriya, Hadrah, cipta dan baca puisi pidato, hingga stand up comedy.

"Pospera adalah pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren dan ini se-kota Pangkalpinang, pemerintah konsen dalam meningkatkan prestasi olahraga dan seni dalam setiap jenjang pendidikan dan lembaga pendidikan termasuk pondok pesantren," terang Kepala Kantor Kementrian Agama Pangkalpinang Abdul Rohim didampingi Kabag Kesra Pemerintah Kota Pangkalpinang saat menghadiri pembukaan Pospeda di Mts Darussalam, Tuatunu Indah.

Menurut Abdul Rohim, seleksi Pospeda ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kota, provinsi sampai ke Nasional.

" Nanti hasil seleksi pospeda tingkat kota ini akan dikirim ke tingkat provinsi tanggal 26 September mendatang," terangnya

Dikatakannya pelaksanaan Pospeda tahun ini dilaksanakan secara swadaya dengan pondok pesantren karena keterbatasan dana. Maka dari itu pihaknya butuh suport dari Pemerintah Kota, BUMN, swasta guna meningkatkannya.

Diapun berharap kegiatan ini akan melahirkan santri yang sehat, kuat, miliki jiwa sportivitas, kebersamaan, juga solidaritas guna mendukung kemajuan bangsa.

Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka
Pospeda tingkat Kota Pangkalpinang resmi di buka (Bangkapos/Nordin)

"Santri-santri ini bisa menjadi juara, paling tidak juara untuk dirinya sendiri, untuk pondok pesantren nya, juara di masyarakat nantinya," ungkapnya

Terpisah ketua panitia Pospeda ke VIII, Iwan menyampaikan, kegiatan ini mengangkat tema 'Mengokohkan karakter,sportivitas, kebersamaan, dan budaya untuk kejayaan negeri' dengan tujuan ikut membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul jauh ga berdaya saing.

"Selain itu Pospeda ini adalah wahana untuk mewujudkan jati diri pondok pesantren yang sebenarnya yakni berlomba-lomba dalam kebaikan mengharap ridho Allah SWT," ucap Iwan

(Bangkaposgroup/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved