Berita pangkalpinang

Penggemar Bonsai Meriahkan HUT ke-262 Pangkalpinang, Ada Kelapa Mini

Ratusan pecinta bonsai ikuti pameran dan kontes bonsai tingkat Nasional, Senin (16/9/2019).

Penggemar Bonsai Meriahkan HUT ke-262 Pangkalpinang, Ada Kelapa Mini
bangkapos.com/Nordin
Kelapa mini dan bonsai yang dipamerkan di HUT Pangkalpinang ke 262, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangkaian memeriahkan hari jadi ke-262 Kota Pangkalpinang (PGK), ratusan pecinta bonsai ikuti pameran dan kontes bonsai tingkat Nasional, Senin (16/9/2019).

Bertempat di Taman Sari Kota Pangkalpinang, kegiatanbini mengusung tema "Kota Beribu Senyuman Hijau Dalam Pesona Bonsai" sebanyak 300 lebih pecinta bonsai ikut terlibat.

Ketua palaksana kontes dan pameran bonsai, Baharuddin Atas mengungkapkan, sebetulnya peserta bonsai HUT Pangkalpinang ini bisa lebih banyak dari jumlahnya, hanya saja kegiatan serupa juga dilakukan di tingkat regional.

Kendati demikian, peserta kontes dan pameran bonsai pada HUT Pangkalpinang ini membludak, hal ini dilihat dari jumlah peserta melebihi taget.

"Peserta kontes bonsai mencapai 325, bonsai kelapa sekitar 60, ada klas prospek, small yang kecil, medium dan large, semua yang mendaftar dari masyarakat Bangka Belitung. untuk kriteria penilaian seperti bentuk akar, batang, ranting dan pencabangan," terang Baharudin

Sementara Ketua Perkumpulan penggemar bonsai Indonsia (PPBI) Pangkalpinang, Syamsul Hilal mengatakan, tahun ini peserta kontes pamaren bonsai pada perayaan HUT Kota Pangkalpinang cukup aantusias dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Sebelumnya, kami sudah dua kali melaksanakan acara yang sama, hanya saja antusias kali ini sangat membludak, sehingga target peserta melebihi kouta yang diperkirakan. Sebelumnya kami hanya menargetkan 200an peserta hingga hari 'H' pelaksanan jumlah pesarta terus bertambah," ungkap Syamsul.

Sementara Sekjen PPBI Pangkalpinang, Dimas menyebutkan, penikmat bonsai yang biasanya identik dikalangan orang tua, saat ini sudah mengalami pembahruan.

Terlihat di acara ini banyak para pemuda yang mengeluti seni bonsai, perbandingannya hampir sama antara orang dan muda.

"Pada perinsip kami rutin mengadakan kontes dan pameran seperti ini sehingga akan banyak lagi muncul pebonsai milenial di Pangkalpinang, dalam hal ini PPBI berupaya bagaimana menjadikan bonsai sebagai hobi dijadikan peningkatan ekonomis masyarakat," tutur Dimas.

(bangkapos.com/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved