Berita Pangkalpinang

BKSDA Memiliki Dua Opsi Tindak Lanjut Monyet Cotton Top Tamarin yang Diserahkan Balai Karantina

Yusmono mengatakan pihaknya memiliki dua opsi untuk menindaklanjuti terkait penangkapan dan penahanan monyet cotton top tamarin

BKSDA Memiliki Dua Opsi Tindak Lanjut Monyet Cotton Top Tamarin yang Diserahkan Balai Karantina
ist
Balai Karantina memperlihatkan hasil penahanan dan langsung menyerahkan ke BKSDA 

BANGKA POS.COM, BANGKA--Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangka Belitung, Yusmono mengatakan pihaknya memiliki dua opsi untuk menindaklanjuti terkait penangkapan dan penahanan monyet cotton top tamarin asal amerika selatan seharga sepuluh juta rupiah oleh balai karantina Pangkalpinang, senin (16/9/2019) kemarin.

"Saat ini kami masih berkordinasi dengan pihak pusat BKSDA yang ada di palembang, ada dua opsi yang kami ajukan yang pertama untuk dibawa ke taman satwa (kebun binatang), yang kedua akan di kembalikan ke negara asal satwa," kata Yusmono saat ditemui bangka diruang kerjanya, Selasa (17/9/2019).

Monyet Langka Terkecil di Dunia Diamankan Balai Karantina Pangkalpinang

Yusmono menuturkan untuk saat ini monyet cotton top tamarin dititipkan di PPS alobi yang di kota pangkalpinang

"Saat ini untuk sementara monyet cotton top tamarin dititipkan di pps alobi foundation yang ada di pangkalpinang untuk mendapatkan perawatan karantina kalau dilepasliarkan tidak bisa karena hewan ini dari luar dan habitatnya tidak ada di bangka belitung, karena hewan ini jenis satwa yang dilindungi," ujar Yusmono.

Yusmono menambahkan populasi hewan jenis monyet ini sekarang sekarang sudah jarang terlihat dan terancam punah karena sering diburuh.

Lebih lanjut Yusmono mengatakan untuk makanan monyet cotton top tamarin ini berbagai macam mulai dari buah-buahan, seperti mangga, serangga kecil dan getah pohon yang ada di hutan.

(Bangkapos/Ferdy)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved