Berita Pangkalpinang

Gubernur Dorong Damri Buka Jalur Darat Pangkalpinang-Jakarta, Begini Skenarionya

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mendorong agar Damri membuka jalur darat Pangkalpinang menuju Jakarta.

Gubernur Dorong Damri Buka Jalur Darat Pangkalpinang-Jakarta, Begini Skenarionya
(BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN)
Gubernur Babel Erzaldi Rosman seusai Upacara Harhubnas 2019 di halaman Kantor Gubernur, Selasa (17/9/2019) 

BANGKAPOS.COM- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mendorong agar Damri membuka jalur darat Pangkalpinang menuju Jakarta. Ini ia sampaikan seusai menjadi inspektur upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 di halaman Kantor Gubernur, Selasa (17/9/2019) pagi.

Erzaldi menilai, Damri perlu membuka akses jalur daratnya yang baru untuk menambah alternatif sarana transportasi sekaligus konektivitas Babel ke depan. Nantinya, Damri diharapkan bisa melayani transportasi darat ke Jakarta via Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok- Sumatera Selatan-Lampung-Jakarta.

"Kalau jalur darat ini bisa benar-benar memberikan pilihan kepada masyarakat, ini sangat luar biasa. Karena dari Palembang ke Lampung itu bisa ditempuh hanya 3,5 jam lewat tol yang sudah ada di sana," ujar Erzaldi.

Jalur darat yang diharapkan bisa dirintis Damri ini akan menjadi lebih ideal seandainya waktu penyeberangan dari Tanjungkalian Muntok menuju Tanjung Siapi-api (Sumsel) dapat dibuat lebih singkat lagi. "Ini akan lebih masuk akal lagi untuk pilihan masyarakat. Terlebih lagi kalau nanti ada jembatan Bangka-Sumatera, ini jauh lebih hebat lagi," kata Erzaldi.

Selain upaya membuka jalur darat, Erzaldi juga membeberkan sejumlah upaya Babel untuk membuka konektivitas jalur laut dan udara. Jalur laut, Babel tengah mengupayakan membuka konektivitas reguler antar pulau seperti menuju Pulau Tujuh, Pulau Ketawai dan Pulau Lepar.

Sementara untuk jalur udara, Babel tengah mengupayakan rute penerbangan baru menambah rute penerbangan yang sudah ada saat ini.

"Insyaallah, sekarang sedang diupayakan membuka jalur penerbangan ke Surabaya dan Bali. Agar masyarakat banyak pilihan terhadap sarana transportasi ini," ucapnya.

Erzaldi menjadi inspektur upacara Harhubnas 2019 pagi tadi. Dia membacakan sambutan Menhub RI Budi Karya Sumadi.

Harhubnas 2019 menangkat tema “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju”. Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan demo Aeromodeling dan Drone serta penanganan korban kecelakaan.

Erzalsi berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana meningkatkan prestasi, memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan segenap insan perhubungan di manapun berada. "Semoga semangat harhubnas ini dapat meningkatkan memberi semangat kerja bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok tanah air," ujarnya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved