Berita Pangkalpinang

Kabut Asap Selimuti Pangkalpinang, Bocah SD Bagi-bagi Gratis Masker

Kabut asap yang menyelimuti Kota Pangkalpinang sejak pagi membuat jarak pandang berkurang, Selasa (17/9/2019).

Kabut Asap Selimuti Pangkalpinang, Bocah SD Bagi-bagi Gratis Masker
Bangka Pos/Resha Juhari
Seorang anak SD membagikan masker kepada pengendara motor di Perempatan Ramayana Kota Pangkalpinang, Selasa (17/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabut asap yang menyelimuti Kota Pangkalpinang sejak pagi membuat jarak pandang berkurang, Selasa (17/9/2019).

Selain itu, asap tersebut juga dikhawatirkan mengganggu pernapasan, terutama bagi warga yang beraktivitas di luar rumah.

Menyikapi kondisi itu seorang anak sekolah dasar (SD) di Pangkalpinang membagikan masker gratis kepada pengendara di perempatan jalan Ramayana Kota Pangkalpinang.

Bocah bernama Sultan Zaki itu datang bersama ayahnya dan membagikan sebanyak 30 masker secara cuma-cuma.

"Kebetulan hari ini anak saya cepat pulangnya jadi saya ajak dia bagi-bagi masker untuk anak-anak dan dia semangat," ungkap David orangtua Sultan.

Hal ini dilakukan untuk mendidik anaknya lebih peduli kepada orang lain.

"Tadi pas saya ajak dia semangat, meski awalnya agak malu, terus saya tanya kalau duit tabungan kamu dibelikan masker dan dibagikan ke orang-orang boleh nggak, ternyata dia mau," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kota Pangkalpinang, Lie Jun Jie menerangkan pihaknya belum melakukan pemantauan terhadap kabut yang disebabkan asap di wilayahnya.

Hal ini disebutnya, perlu dilakukan koordinasi dulu, namun hal tersebut pasti akan dilakukan pihaknya.

"Belum, kami belum melakukan pemantauan terhadap kabut asap di Pangkalpinang, karena harus dikoordinasikan dulu, nanti akan kami lakukan pengecekan," sebut Lie saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurutnya saat ini kabut asap belum terlalu berbahaya, sehingga masyarakat yang hendak beraktivitas diluar ruangan tidak masalah.

Meskipun demikian, masyarakat juga harus memperhatikan kesehatannya, dengan menggunakan masker saat berada diluar ruangan.

"Belum terlalu bahaya kabut ini, udara masih relatif bagis, nggak apa-apa beraktivitas di luar, tapi tetap perhatikan juga kesehatan," ujarnya.

(Bangkapos/Alza Munzi Hipni)

Penulis: Alza Munzi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved