Berita Sungailiat

Lahan Hutan Bukit Maras Terbakar, Tim Damkar Pemkab Bangka Kesulitan Memadamkan

Kebakaran tersebut sudah terjadi selama dua hari ini, banyak pohon-pohon terbakar dan belum menyeluruh padamnya.

Lahan Hutan Bukit Maras Terbakar, Tim Damkar Pemkab Bangka Kesulitan Memadamkan
Istimewa Satpol PP Bangka
Lahan Hutan Bukit Maras Terbakar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabid Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Bangka, Ahmad Fauzi mengatakan akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini mengakibatkan kebakaran hutan di atas bukit Maras, Kecamatan Riau Silip.

Kebakaran tersebut sudah terjadi selama dua hari ini, banyak pohon-pohon terbakar dan belum menyeluruh padamnya.

Akibat dari kebakaran tersebut, pihaknya menurunkan satu pleton tim gabungan Damkar dan Sat Pol PP serta dua unit mobil damkar untuk membantu pemadaman.

"Sebab sudah dua hari api yang berkobar di Bukit Maras belum padam. Bahkan api sudah mulai merambat naik, warga masyarakat sudah berupaya memadamkan secara manual, tapi tidak mampu menghentikan kobaran api,"kata Fauzi kepada bangkapos.com, Selasa (17/9/2019).

Fauzi menambahkan banyak kesulitan yang didapatkan ketika memadamkan api di bukit Maras karena mereka menggunakan cara manual untuk naik dan turun bukit tersebut.

"Kalau sampai api juga tidak mau mati, tentunya ada langkah lain, lewat udara. Namun kita juga tidak tahu gimana nanti proses pemadaman api lewat udara karena butuh dana besar untuk menyewa pesawat,"keluhnya.

Ia mengatakan untuk mengatasi kebakaran ini tentunya harus duduk bersama karena tidak bisa pihaknya sendiri yang berperan aktif mencegah dan memadamkan api di Bukit Maras.

"Kebakaran terjadi diduga karena ada yang sengaja membakar dan juga unsur kelalaian. Seperti membuang putung rokok sembarangan sehingga kita meminta bila ada aktivitas bakar-membakar harus ditunggu sampai mati dan jangan tinggal pergi begitu saja,"harapnya

(bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved