Berita Pangkalpinang

Molen Pakai Topi Depati Amir di Hari Jadi ke-262 Kota Pangkalpinang

Topi Depati Amir yang digunakan bercorak warna ungu dan putih, serta dibentuk serupa dengan penutup kepala milik Depati Amir, pahlawan nasional Bangka

Molen Pakai Topi Depati Amir di Hari Jadi ke-262 Kota Pangkalpinang
Bangkapos/irakurniati
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengenakan baju kurung dilengkapi topi Depati Amir pada Hari Jadi Pangkalpinang ke-262 tahun, Selasa (17/9/2019) 

BANGKAPOS.COM - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengenakan baju kurung melayu saat upacara Hari Jadi Pangkalpinang ke-262 tahun, Selasa (17/9/2019). Biasanya menggunakan baju kurung dilengkapi dengan penutup kepala berupa tanjak ataupun peci. Namun Molen malah menggunakan penutup kepala yang berbeda dari biasanya. Dia memakai penutup kepala yang diberi nama topi Depati Amir.

Topi Depati Amir yang digunakan bercorak warna ungu dan putih, serta dibentuk serupa dengan penutup kepala milik Depati Amir, pahlawan nasional Bangka.

"Saya rasa ini unik dan menarik. Kalau kita pakai tanjak saja itu sudah biasa. Saya suka dengan topi depati amir ini," ujar Molen kepada bangkapos.com.

Molen menuturkan, sengaja memakai dan ingin memperkenalkan topi Depati Amir agar nantinya dapat dikenal dan populer sehingga mampu mendongkrak nilai tambah perekonomian masyarakat. Dia berharap kepopuleran topi Depati Amir dapat setara dengan keberadaan kopiah resam dan memikat pandangan setiap yang melihatnya.

Dia menyebut, hari ini akan menggunakan baju kurung dan topi Depati Amir saat menghadiri acara di DPRD maupun peresmian kampung melayu Tuatunu.

Dia mengaku, Topi Depati Amir merupakan ide yang dikeluarkannya sendiri untuk menciptakan ikonik baru di Pangkalpinang yang menambah penghasilan para pelaku UMKM, apabila aksesoris kepala ini sudah mulai viral dan diproduksikan.

"Iya saya pakai ini selama satu hari," sahutnya.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved