Berita Bangka Selatan

Satpol PP Bangka Selatan Sudah Punya Empat Senjata Api, Rudi Sebut Masih Kurang

Tak jarang pada saat melakukan penertiban khususnya tambang ilegal, ada dari penambang yang berusaha menyerang petugas dengan menggunakan senpi.

Satpol PP Bangka Selatan Sudah Punya Empat Senjata Api, Rudi Sebut Masih Kurang
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Plt Kasatpol PP Basel, Rudi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Terkait isu pengadaan senjata api (Senpi) bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Plt Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Selatan Rudi mengatakan jika diawal terbentuknya Satpol PP Basel sudah memiliki Senpi.

"Pertama kali dibentuk Satpol PP, kita sudah ada senpi," ujar Rudi, Selasa (17/9) kepada bangkapos.com

Saat ini Satpol PP Basel sudah memiliki empat buah senpi yang berjenis Five Seven (FN) dan jenis pelurunya pun cukup lengkap mulai dari peluru karet, gas air mata, peluru hampa, dan peluru tajam. Namun untuk senpi yang menggunakan peluru tajam saat ini tersimpan di Polda Babel karena ada isu Satpol PP tidak boleh menggunakan senpi berpeluru tajam.

Ia mengatakan jika alasan pengadaan senpi di Babel untuk melindung para anggota Satpol PP yang bertugas di lapangan. Tak jarang pada saat melakukan penertiban khususnya tambang ilegal, ada dari penambang yang berusaha menyerang petugas dengan menggunakan senpi.

Lebih lanjut Rudi mengatakan jika senpi tersebut sehari-hari disimpan di gudang Satpol PP sehingga tidak melekat pada anggotanya. Hanya anggota Satpol PP setingkat kasat dan anggota yang sudah lulus tes uji yang boleh mempergunakan senpi.

Ia mengatakan sudah banyak anggota Satpol PP Basel yang lulus tes uji penggunaan senpi. Namun masa berlaku lulus tes tersebut juga sudah banyak yang kadaluarsa karena masa berlakunya hanya satu tahun. Sehingga anggotanya harus kembali mengikuti tes di Polda Babel.

Bahkan Rudi mengatakan jika pengadaan Senpi untuk Satpol PP di Basel masih kurang karena saat ini jumlah anggota Satpol PP dan pemadam kebakaran di Basel sekitar 200 orang lebih. Sedangkan jumlah senpinya hanya ada empat buah.

"Kurang, minimal kita harus punya lima lagi lah,"

Terhadap peraturan dari Kemendagri terkait jenis senpi dan peluru yang boleh digunakan oleh Satpol PP, Rudi mengatakan jika Satpol PP saat ini tidak diperbolehkan menggunakan senpi berpeluru tajam.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved