Berita Sungailiat

Satpol PP Pemkab Bangka Punya Dua Senjata dengan Tiga Fungsi, Aset Tersimpan di Gudang Polda Babel

Satu senjata tersebut bisa memiliki tiga fungsi, pertama peluru hampa, gas air mata dan karet.

Satpol PP Pemkab Bangka Punya Dua Senjata dengan Tiga Fungsi, Aset Tersimpan di Gudang Polda Babel
Dokumen Bangka Pos
Achmad Suherman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Kabid Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman menjelaskan terkait kepemilikan dua senjata milik Sat Pol PP Kabupaten Bangka jenis fn kliber 9 mm yang bisa digunakan untuk tiga peluru sekaligus.

Ia mengatakan dalam satu senjata tersebut bisa memiliki tiga fungsi, pertama peluru hampa, gas air mata dan karet.

"Jadi dalam satu pistol bisa tiga fungsi, tetapi karena bisa digunakan untuk peluru karet dan bisa mematikan sehingga ditarik disimpan di gudang milik Polda Babel. Berdasarkan peraturan Kemendagri nomer 26 tahun 2010 tentang senjata api untuk Pol PP yang hanya bisa menggunakan senjata api gas air mata dan peluru hampa,"ungkap Suherman pada bangkapos.com, Selasa (17/9/2019).

Dua senjata tersebut merupakan aset milik Pemkab Bangka yang setiap tahun dilihat serta diawasi oleh Pol PP yang datang ke gudang Polda Bangka Belitung. Senjata itu ada sejak 2005 hingga akhirnya diletakkan di gudang Polda Babel pada tahun 2015.

"Tiap tahun kita kontrol melihat dirawat pihak Polda dan kami juga menjaga aset itu apakah masih berfungsi, dimana senjata itu bisa saja digunakan. Namun izinya harus diubah dan laras pistol harus bisa diubah sehingga hanya bisa digunakan untuk peluru gas air mata dan peluru hampa. Tetapi biayanya mahal dan penggunaanya tidak begitu digunakan karena Pol PP lebih banyak ke pembinaan,"tukasnya

(bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved