Telur Seroja di Rumdin Wali Kota Pangkalpinang Jadi Rebutan Warga

Ribuan orang padati rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang untuk mengikuti acara nganggung akbar dan festival telur seroja, Selasa (17/9/2019).

Telur Seroja di Rumdin Wali Kota Pangkalpinang Jadi Rebutan Warga
Bangkapos/irakurniati
Nganggung akbar dan festival telur seroja, merupakan satu rangkaian acara Hari Jadi Pangkalpinang ke-262, Selasa (17/9/2019) 

Telur Seroja di Rumdin Wali Kota Pangkalpinang Jadi Rebutan Warga

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ribuan orang padati rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang untuk mengikuti acara nganggung akbar dan festival telur seroja, Selasa (17/9/2019).

Telur seroja yang dihias warna warni ini jadi rebutan masyarakat yang datang. Mereka saling adu cepat untuk mendapatkan setangkai telur seroja yang ditancapkan pada batang pisang yang sudah dihiasi semenarik mungkin itu.

Telur seroja dihias oleh kelurahan-kelurahan yang ada di wilayah Pangkalpinang.

"Ambil cepat ke sana" celetuk seorang ibu berbaju merah.

Acara ini merupakan rangkaian Hari Jadi Pangkalpinang ke-262 tahun. Telur yang dihias tersebut berjumlah sekitar 2600 butir.

Selain itu, dilanjutkan dengan nganggung yang merupakan tradisi masyarakat Bangka makan bersama dengan menu yang tersedia di atas dulang. Sedangkan dulang atau tudung saji yang tersaji pada acara ini sebanyak 4500 dulang.

"Nganggung ini merupakan tradisi masyarakat Bangka, yang semuanya penasaran apa sih isi di dalam dulang itu. Ini menariknya budaya kita, kumpul bersama untuk makan dengan lauk yang tersedia. Semuanya sama rasa," ujar Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau akrab disapa Molen.

Selain nganggung dan telur seroja, perayaan Hari Jadi Pangkalpinang digelar selama tiga hari pada 15-17 September, dengan deretan rangkaian acara diantaranya festival kuliner, pentas seni dan berbagai perlombaan.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved