Berita Pangkalpinang

13 SMA di Babel Kekeringan, Aktivitas Sekolah Terganggu

Dampak kekeringan semakin meluas hingga pertengahan September ini.Tak hanya mengancam lahan persawahan tapi juga 13 sekolah kekeringan

13 SMA di Babel Kekeringan, Aktivitas Sekolah Terganggu
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa membeberkan dampak kekeringan semakin meluas hingga pertengahan September ini.

Tak hanya mengancam lahan persawahan dan menyebabkan mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan, kemarau juga berdampak pada kekeringan yang sudah dirasakan sedikitnya 13 SMA di Babel hingga mengganggu aktivitas di sekolah.

Selain itu ada pula pondek pesantren yang juga merasakan hal yang sama.
"Hasil koordinasi kami, sekolah-sekolah memang sudah dilanda kekeringan, dan menganggu aktivitas di sekolah. Semua sekolah ini sudah terdata di kami, dan kami akan ambil tindakan antisipasi dengan menyuplai air," jelas Mikron, Rabu (18/9/2019).

Dengan diprediksinya kemarau akan berlangsung hingga Desember 2019, Mikron menyebut, kewaspadaan terhadap bencana kekeringan mesti ditingkatkan. Semua pihak lintas instansi dan kewenangan harus berkoordinasi dan kompak mengatasi dampak kekeringan.
"Kondisi sekarang mengharuskan semua pihak untuk sigap," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Bangka Belitung M Soleh membenarkan adanya sejumlah sekolah yang membawahkan Dindik Babel sudah merasakan kekeringan. Jumlah sekolah terdampak ini belum termasuk SD-SMP yang merupakan kewenangan kabupaten kota.

"Alhamdulillah sekolah-sekolah tadi ada bantuan suplai air dari BPBD. Ada beberapa sekolah yang sudah melaporkan dampak kekeringan ini," ujar Soleh. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Berikut SMA di Babel yang Terdampak Kekeringan Saat Ini:

1. SMA N 1 Tempilang
2. SMA N 1 Payung
3.SMA N 1 Air Gegas
4. SMA N 1 Riausilip
5. SMA N 1 Merawang
6. SMA N 1 Muntok
7. SMA N 1 Mendo barat
8. SMA N 1 NAMANG
9. SMA N 1 Jebus
10. SMA N 2 Pudingbesar
11. SMA N 1 Simpangrimba
12. SMA N 1 Damar
13. SMK N 1 Pulaubesar
(Sumber: BPBD Babel / deq) 

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved