SMA Negeri 1 Air Gegas Terancam Kekeringan, Berharap Ada Bantuan Pemerintah

Kemarau yang sudah berlangsung kurang lebih selama empat bulan di Provinsi Bangka Belitung khususnya, di Kabupaten Bangka Selatan tak hanya

SMA Negeri 1 Air Gegas Terancam Kekeringan, Berharap Ada Bantuan Pemerintah
bangkapos.com/m rizky
Kepala Sekolah SMAN 1 Air Gegas, Samsinar 

SMA Negeri 1 Air Gegas Terancam Kekeringan, Berharap Ada Bantuan Pemerintah

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kemarau yang sudah berlangsung kurang lebih selama empat bulan di Provinsi Bangka Belitung khususnya, di Kabupaten Bangka Selatan tak hanya berimbas kepada kekeringan yang melanda persawahan di Desa Rias yang menyebabkan ratusan hektare sawah terancam gagal panen.

Namun juga berimbas kepada kekeringan di beberapa sekolah di Negeri Junjung Besaoh ini, satu di antaranya adalah SMAN 1 Air Gegas.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Air Gegas Samsinar, kekeringan di sekolah ini rutin berlangsung setiap tahunnya, terlebih lagi sekolah yang memiliki 666 siswa ini hanya memiliki dua buah sumur yang menjadi sumber air bagi sekolah ini.

"Sepertinya memang tidak mencukupi lagi air dari dua sumur tersebut," ujar Samsinar, Rabu (18/9) kepada Bangkapos.com

Tanda-tanda kekeringan mulai terlihat semakin parah sekitar dua bulan terakhir, dimana air hanya bisa disedot tak lebih dari tiga jam, selebihnya sumur pun sudah tampak mengering.

"Bisa disedot sekitar pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB, setelah itu ga bisa disedot lagi, karena setiap hari debit air semakin berkurang,"

Sehingga dalam kurun waktu dua jam tersebut pihak sekolah juga menyediakan beberapa tandon air untuk menampung air, di sekitar toilet sekolah.

Harapkan Bantuan Pemerintah

Semakin sedikitnya debit air dua sumur di SMAN 1 Air Gegas, berimbas kepada sulitnya baik para guru maupun para siswa untuk melakukan aktivitas di sekolah yang membutuhkan air, semisal untuk berwudhu, buang air, dan menyiram tanaman.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved