Berita Pangkalpinang

Gubernur Erzaldi Tak Pernah Terbitkan IUP Timah, Dirjen Gakkum KLHK Ungkapkan Hal Ini

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memastikan tak pernah menerbitkan Izi Usaha Pertambangan (IUP) timah selama dirinya menjabat

Gubernur Erzaldi Tak Pernah Terbitkan IUP Timah, Dirjen Gakkum KLHK Ungkapkan Hal Ini
Bangkapos/Alza Munzi Hipni
Dirjen Gakkum KLHK Roy Ridho Sani (kanan) menjadi pembicara Seminar Nasional Pembangunan Nasional yang Berwawasan Lingkungan dan Berkeadilan Sosial di UBB, Kamis (19/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memastikan tak pernah menerbitkan Izi Usaha Pertambangan (IUP) timah selama dirinya menjabat sebagai gubernur.

Erzaldi dilantik sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Mei 2017 lalu di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Bangka Belitung dikenal sebagai daerah pertambangan. Dulu kabupaten bisa mengeluarkan izin, sekarang IUP kewenangan pemprov. Tetapi saya tidak pernah mengeluarkan IUP sejak jadi gubernur," ungkap Erzaldi saat menjadi keynote speaker Seminar Nasional dan Call for Papper di Universitas Bangka Belitung, Kamis (19/9/2019).

Menurutnya, ketika akan mengajukan IUP ada aturan dari pusat yang harus dipenuhi.

Sehingga, timbul kerancuan siapa yang bertanggung jawab pascatambang di tanah Bangka Belitung.

"Inspektur tambang kewenangan pusat, sehingga kita tidak bisa langsung melakukan tindakan," kata Erzaldi.

Gubernur mencontohkan status lahan eks PT Koba Tin yang sekarang ini tidak jelas dan masih menjadi wilayah pencadangan negara.

Pemerintah daerah, menurutnya tidak dapat menindak secara tegas ketika lahan tersebut digarap tambang ilegal karena kewenangan pusat.

Selain itu, Erzaldi mengklarifikasi soal tambang ilegal di sekitar Bandara Depati Amir yang diberi izin oleh pemprov.

"Saya tidak pernah memberikan izin, tetapi hanya memerintahkan para penambang itu menyelesaikan aktivitas mereka dan segera memperbaiki lubang tambang," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Alza Munzi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved