Arr Dance Lab Wakili Bangka Belitung Tampil Memukau Diajang JIFF, Kenalkan Seni Budaya Daerah

Arr Dance Lab berhasil terpilih untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti event Jakarta International Folklore Indonesia (JIFF)

Arr Dance Lab Wakili Bangka Belitung Tampil Memukau Diajang JIFF, Kenalkan Seni Budaya Daerah
Ist/Yuli Fitriasari
Penampilan Arr Dance Lab mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta International Folklore Indonesia (JIFF) 2019. 

BANGKAPOS.COM -- Arr Dance Lab berhasil terpilih untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti event Jakarta International Folklore Indonesia (JIFF) 2019 yang berlangsung pada tanggal 13-15 September 2019 di Taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

JIFF tahun ini menampilkan 28 grup dari berbagai provinsi di dalam negeri dan delapan negara lain yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Ukraina, dan Vietnam.

Pada event tersebut Arr Dance Lab membawakan Tarian Dincak Kamek dan Tudung Gasing.

Arr Dance Lab berhasil terpilih melalui seleksi online yang diadakan pihak penyenggara JIFF setelah melalui proses kurasi oleh para kurator festival.

Diakui Yuli Fitriasari selaku Pembina Arr Dance Lab, persiapan yang dilakukan Arr Dance Lab setelah melewati tahap seleksi persiapannya selama satu bulan.

Penampilan Arr Dance Lab mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta International Folklore Indonesia (JIFF) 2019.
Penampilan Arr Dance Lab mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta International Folklore Indonesia (JIFF) 2019. (Ist/Yuli Fitriasari)

Untuk keberangkatan mengikuti JIFF mereka didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bangka dan Gubernur Babel melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Babel.

"Alhamdulillah Sanggar Arr Dance Lab terpilih melalui seleksi online oleh pihak JIFF. Anak-anak yang ditunjuk sangat antusias dan didukung sepenuhnya oleh orang tua mereka. Kami merasa bangga sudah lulus seleksi dan bisa mewakili Bangka Belitung dalam event internasional," ungkap Yuli Fitriasari yang akrab disapa Yuyun didampingi Ketua Sanggar Arr Dance Lab, Rizki Suharlin Putri kepada bangkapos.com, Jumat (20/9/2019) di Sungailiat.

Menurutnya di ajang JIFF ini tidak memperebutkan posisi juara tetapi lebih ditekankan pada seni tradisi wilayah atau negara masing-masing yang diangkat melalui gerak tari dan bisa mengenalkan budaya masing-masing daerah.

Rencananya tahun depan Arr Dance Lab akan mengikuti event budaya di Korea Selatan.

"Harapan Arr Dance Lab terus memajukan seni budaya di Bangka Belitung dan mempromosikan budaya Bangka Belitung di ajang Festival JIFF di Jakarta kemarin," kata Yuyun.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved