Berita Pangkalpinang

Harga Lada Terus Anjlok, Satu Bulan Bertahan di Kisaran Rp 47.000 Per Kilogram

Sudah sekitar satu bulan terakhir ini harga lada di tingkat pedagang pengepul di Kota Pangkalpinang masih bertahan di kisaran Rp 47.000 per kilogram

Harga Lada Terus Anjlok, Satu Bulan Bertahan di Kisaran Rp 47.000 Per Kilogram
Bangkapos.com/Edwardi
Contoh lada yang dijual petani. 

BANGKAPOS.COM-- Sudah sekitar satu bulan terakhir ini harga lada di tingkat pedagang pengepul di Kota Pangkalpinang masih bertahan di kisaran Rp 47.000 per kilogram (kg).

Sebelumnya harga lada ini berada di kisaran Rp 49.000 per kg, namun terus mengalami penurunan harga hingga hanya mencapai Rp 47.000 per kg.

"Harga lada masih stabil tetap di kisaran Rp 47.000 per kg, harga ini sudah bertahan sekitar satu bulan terakhir ini," kata Asen, pedagang pengepul lada yang membuka kios di Jalan Soekarno Hatta Kota Pangkalpinang, Jumat (20/09/2019).

Diakuinya dengan harga lada yang rendah (murah) saat ini menyebabkan para petani enggan menjual ladanya, meskipun saat ini sedang musim panen.

"Siapa lah yang mau jual ladanya saat ini karena tahu itu pasti jual rugi, hanya karena terdesak kebutuhan hidup saja sehingga terpaksa menjual ladanya. Kalaupun terpaksa menjual maka jualnya sedikit-sedikit saja sesuai keperluan saja," ujar Asen yang sudah 40 tahunan menjadi pedagang pengepul lada.

Diungkapkan Asen, untuk biaya memproduksi 1 kg lada dibutuhkan biaya sekitar Rp 80.000 per kg. Karena itu bila harga lada saat ini hanya Rp 47.000 per kg berarti petani yang menjual lada dipastikan merugi.

Diakuinya selaku pedagang pengepul juga berpatokan dengan harga lada yang dibeli para eksportir ya g ada di Kota Pangkalpinang ini.

"Harga lada kita jual langsung ke eksportir saja saat ini hanya Rp 47.000 per kg, karena itu stok lada yang kita punya saat ini kita tahan juga. Kita baru jual ke eksportir bila harga lada sudah ada untungnya, ada untung Rp 500 per kg juga sudah lumayan," tukas Asen. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved