Kemarau Berakhir Desember, Presiden Jokowi Minta Hujan dengan Cara Sholat, Begini Niat dan Doanya

Ini Bacaan Niat Salat Minta Hujan (Istisqa), Lengkap dengan Doa & Tata Cara Pelaksanaannya

Kemarau Berakhir Desember, Presiden Jokowi Minta Hujan dengan Cara Sholat, Begini Niat dan Doanya
Tribun Pekanbaru
Presiden Jokowi shalat Istisqa (minta hujan) di masjid Komplek Lanud Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Musim kemarau diprediksi akan berakhir pada Desember 2019. Namun apakah mungkin hujan turun di musim kemarau ini.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau di Babel masih akan berlangsung dan berakhir pada Desember 2019. Ini artinya prakiraan berakhirnya kemarau bertambah panjang dibandingkan prakiraan sebelumnya seperti yang disampaikan BPBD Babel, yakni November 2019.

"Iya, betul. Prakiraannya berakhir sampai Desember," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji, Rabu (18/9/2019).

Dia mengatakan, masyarakat diimbau tetap tenang tanpa meninggalkan kewaspadaan akan bencana kekeringan. Warga harus menghindari pembukaan lahan dengan cara sengaja membakar, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan menghindari segala sesuatu yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Kesadaran masyarakat diperlukan untuk mencegah karhutla semakin meluas," tegas Kurniaji.

Warga juga diminta untuk tidak membakar sampah pada pagi dan malam hari, mengurangi aktivitas di luar rumah karena cuaca yang berasap dan berdebu, menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, hingga memperbanyak konsumsi air.

"Kami imbau warga tetap meningkatkan kewaspadaannya," kata Kurniaji.

Bagi warga atau kelompok masyarakat yang ingin mengetahui informasi resmi mengenai cuaca dan iklim di Babel bisa mengakses grup Whats App info cuaca dan iklim BMKG, Telegram, FB "Stasiun Meteorologi Pangkalpinang". Masyarakat juga bisa menghubungi kontak Kurniaji selaku Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang di 081220687181. 

Sholat Meminta Hujan

Berikut ini adalah tata cara dan tuntunan Sholat Istisqo atau Salat Istisqa doa untuk meminta hujan kepada Allah SWT.

Halaman
1234
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved