Layanan di PTSP Kemenag Pangkalpinang Kini Semakin Prima

saat ini alur proses layanan di PTSP Kemenag Pangkalpinang telah mengunakan sistem aplikasi untuk 43 jenis layanan.

Layanan di PTSP Kemenag Pangkalpinang Kini Semakin Prima
Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang
Salah satu pegawai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Layanan di ruang pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang kini menjadi semakin prima sejak diterapkannya sistem pelayanan menggunakan teknologi informasi berbasis aplikasi.

Petugas PTSP Kemenag Pangkalpinang, Andes Salimin saat dikonfirmasi mengenai hal ini membenarkan saat ini alur proses layanan di PTSP Kemenag Pangkalpinang telah mengunakan sistem aplikasi untuk 43 jenis layanan sehingga dapat lebih mudah dan cepat.diakses.

“Beberapa waktu yang lalu, kami juga sempat mendapatkan panduan operasionalisasi aplikasi PTSP ini dari Subbag Inmas Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga saat ini kami sudah dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan baik dan lancar,” tutur Andes.

Dikatakan Andes, dirinya dan rekan-rekan petugas PTSP lainnya pun rutin mendapatkan bimbingan dari Kasubbag Tata Usaha Kemenag Pangkalpinang terkait penerapan PTSP ini, sehingga dalam prakteknya, proses penanganan layanan pun kian hari dapat semakin meningkat.

Dikatakan Andes alur proses layanan publik pada PTSP Kemenag Pangkalpinang tersebut dimulai dengan verifikasi berkas persyaratan dari pihak pemohon layanan oleh petugas. Setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap, baru kemudian data berkas tersebut diinput kedalam aplikasi.

“Setelah itu kami mencetak dua lembar form bukti tanda terima, satu lembar untuk pemohon layanan dan satu lembar untuk arsip. Dalam form tersebut sudah tertera data pemohon, jenis layanan, dan estimasi waktu penyelesaian. Sehingga pemohon layanan tinggal menunggu untuk proses lebih lanjut sesuai dengan waktu yang tertera dalam form tersebut,” jelas Andes.

Pada proses layanan, pemohon tidak perlu lagi menyambangi ruangan Subbag/Seksi terkait. Mereka tinggal duduk di ruang tunggu yang telah disediakan dan proses selanjutnya ditangani langsung oleh petugas PTSP. Kecuali untuk pendaftaran haji yang memang membutuhkan proses lebih lanjut yaitu perekaman data pribadi di ruang Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

“Setelah layanan selesai, pemohon diminta untuk mengisi questioner terkait pelayanan yang diterimanya,” lanjutnya.

Diakui Andes dari hasil questioner dan tanggapan langsung dari masyarakat pemohon layanan, pada umumnya mereka merasa sangat puas dengan layanan PTSP Kemenag Pangkalpinang, dimana jenis layanan yang mereka inginkan dapat selesai dengan mudah dan cepat hanya di satu ruangan. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved