Berita Pangkalpinang

Tak Keberatan dengan RZWP3K, Bupati Belitung Tetap Minta Diskresi dan Ancam akan Keluar dari Babel

Selama Raperda RZWP3K yang belum disahkan ini telah menghambat rencana total investasi senilai Rp 2,5 Triliun di Kabupaten Belitung.

Tak Keberatan dengan RZWP3K, Bupati Belitung Tetap Minta Diskresi dan Ancam akan Keluar dari Babel
bangkapos.com / DEDY QURNIAWAN
Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat hadir pada konsultasi publik Dokumen Antara RZWP3K Babel di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Jumat (20/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengaku tak keberatan dengan hasil sementara rancangan peraturan daerah (Raperda) Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Babel saat ini. Dia menyebut, Kabupaten Belitung sudah merampungkan perencanaan mereka sejak 2014.

Sanem tetap meminta adanya diskresi selama menunggu Raperda RZWP3K ini disahkan. Permintaan diskresi ini ia sampaikan karena sejauh ini selama Raperda RZWP3K yang belum disahkan ini telah menghambat rencana total investasi senilai Rp 2,5 Triliun di Kabupaten Belitung.

Investasi itu menyangkut sejumlah rencana pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung. Sanem bahkan mengancam akan membentuk provinsi tersendiri jika permintaan diskresi itu tidak diakomodir.

"Apa yang kami sampaikan ini tolong disupport, jangan sebaliknya. Kami ini ada kawasan ekonomi khusus, Geopark. Kalau seperti ini terus terang kami memang tidak akan keluar dari NKRI. Tetapi kami akan keluar dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kami mau jadi kepualaun istimewa tersendiri di Kabupaten Belitung," kata Sanem saat hadir pada konsultasi publik Dokumen Antara RZWP3K Babel di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Jumat (20/9/2019).

Sanem menyebut Dokumen antara yang dihasilkan saat ini sudah sesuai dengan perencanaan RTRW Kabupaten Belitung.

"Alhamdulillah. Kalau peta itu, kami terima, apa yang sudah dibahas itu," kata Sanem. Sanem tetap meminta pihaknya bisa mengajukan diskresi terkait sejumlah perencanaan selagi menunggu Raperda RZWP3K ini rampung.

Bupati adalah satu dari sedikit kepala daerah di Babel yang hadir langsung pada konsultasi publik dokumen antara RZWP3K Babel, Jumat (20/9/2019).

Pantauan bangkapos.com, kepala daerah yang juga hadir langsung pada konsultasi publik tersebut adalah Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh.

Pemkab lainnya diketahui hanya mengirimkan wakil mereka melalui OPD terkait. (bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat hadir pada konsultasi publik Dokumen Antara RZWP3K Babel di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Jumat (20/9/2019).

(bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved