Target PAD Bangka Belitung 2020 Naik 7,8 Persen, Fery Optimis Tahun Ini Over Target

Target pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Bangka Belitung tahun 2020 naik sebesar 7,8 persen dibandingkan dengan tahun 2019 ini.

Target PAD Bangka Belitung 2020 Naik 7,8 Persen, Fery Optimis Tahun Ini Over Target
Bangkapos.com/Hendra
Fery Afriyanto, Kepala Bakeuda Babel 

Target PAD Bangka Belitung 2020 Naik 7,8 Persen, Fery Optimis Tahun Ini Over Target

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Target pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Bangka Belitung tahun 2020 naik sebesar 7,8 persen dibandingkan dengan tahun 2019 ini.

Kepala Badan Keuangan Daerah, (Bakeuda) Provinsi Babel, Fery Afriyanto kepada bangkapos.com, Jumat (20/9/2019) mengatakan target yang diberikan tersebut realistis dan optimis bisa tercapai.

Berkaca pada target PAD 2019, sebesar Rp 884 miliar, hingga bulan Agustus 2019 sudah mencapai 60 persen dari target.

“Untuk tahun ini (2019) kita optimis over target. Karenanya untuk target tahun depan naik 7,8 persen, hampir sekitar Rp 1 trilliun bisa tercapai,” kata Fery Afriyanto.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah provinsi Babel tetap mengandalkan sektor pajak dan retribusi. Kemudian pengelolaan kekayan daerah dan pendapatan lainnya yang sah.

Lanjut Fery, saat ini kemampuan keuangan daerah (KKD) Provinsi Bangka Belitung sudah masuk dalam klasifikasi sedang.

“Sejak 2018, KKD kita sudah masuk klasifikasi sedang. Kalau tahun sebelumnya KKD kita masih klasifikasi rendah,” ujar Fery.

Dia menjelaskan KKD masuk klasifikasi sedang ini artinya jumlah PAD ditambah dana bagi hasil, kemudian ditambah DAU (dana alokasi umum) dan dikurangi belanja pegawai yang hasilnya Rp 1,4 triliun masuk dalam KKD klasifikasi sedang.

“Kalau dari rumus penilaian KKD itu, kita sudah mencapai Rp 1,4 trilliun. Makanya KKD kita sejak tahun 2018 sampai sekarang sudah masuk klasifikasi sedang,” jelas Fery.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved